Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Joan Mir Bisa Kunci Gelar Juara Dunia pada MotoGP Valencia, jika...

KOMPAS.com - Pebalap tim Suzuki Ecstar, Joan Mir, berpeluang untuk mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020 pada GP Valencia yang akan digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (15/11/2020).

Kemenangan Joan Mir pada MotoGP Eropa akhir pekan lalu membuat rider asal Spanyol itu semakin kokoh di puncak klasemen.

Mir saat ini memuncaki klasemen MotoGP 2020 dengan nilai 162. Ia unggul 37 angka atas dua pesaing terdekatnya yaitu Fabio Quartararo dan Alex Rins.

Quartararo menempati peringkat kedua dengan koleksi 125 poin. Sementara itu, Rins yang mengumpulkan poin sama tetapi kalah jumlah kemenangan menghuni tangga ketiga.

Dengan dua seri tersisa, Fabio Quartararo dan Alex Rins sejatinya masih memiliki peluang untuk menjadi juara dunia. Begitu juga dengan Maverick Vinales yang sekarang menempati peringkat keempat dengan 121 poin.

Meski demikian, peluang terbesar untuk menjadi kampiun MotoGP 2020 tetap berada di tangan Joan Mir.

Keunggulan 37 angka atas Quartararo dan Rins serta 41 poin atas Vinales menempatkan Mir di posisi terdepan calon juara dunia MotoGP 2020.

Balapan MotoGP Valencia pada akhir pekan ini pun bisa menjadi momen bagi Mir untuk mengukuhkan dirinya sebagai jawara kelas premier musim ini.

Mengutip dari laman resmi MotoGP, berikut adalah skenario bagi Joan Mir untuk mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020 pada GP Valencia.

1. Naik podium. Apa pun hasil yang diraih oleh pebalap lain, Mir akan mengunci gelar juara dunia MotoGP jika berhasil naik podium pada GP Valencia.

2. Finis ke-4, 5, atau 6 dengan catatan Fabio Quartararo atau Alex Rins tidak menjadi pemenang.

3. Finis ke-7, sedangkan Quartararo, Rins, atau Maverick Vinales gagal menang.

4. Finis ke-8, 9, atau 10. Vinales tidak menang, Quartararo dan Rins finis tidak lebih baik dari posisi 3.

5. Finis ke-11. Vinales, Franco Morbidelli atau Andrea Dovizioso tidak menang, Quartararo dan Rins finis tidak lebih baik dari posisi 3.

6. Finis ke-12, 13, atau 14. Morbidelli dan Dovizioso tidak menang, Vinales tidak finis di dua besar, Quartararo dan Rins tidak naik podium.

7. Finis ke-15. Morbidelli dan Dovizioso tidak menang, Vinales finis tidak lebih baik dari posisi 3, Quartararo dan Rins finis tidak lebih baik dari posisi 5.

8. Gagal meraih poin pada MotoGP Valencia. Morbidelli dan Dovizioso finis tidak lebih baik dari posisi 3, Vinales tidak naik podium, Quartararo dan Rins finis tidak lebih baik dari posisi 5.

https://www.kompas.com/motogp/read/2020/11/12/09500078/joan-mir-bisa-kunci-gelar-juara-dunia-pada-motogp-valencia-jika

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke