Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaborasi Endah N Rhesa dan Navicula Hadirkan Segara Gunung, Rilisnya di New York

Kompas.com - 19/04/2024, 19:10 WIB
Revi C. Rantung,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua grup musik Tanah Air yakni Endah N Rhesa dan Navicula merilis lagu terbaru yang berjudul “Segara Gunung”.

Menariknya, lagu ini diluncurkan oleh Endah N Rhesa dan Navicula dalam inisiatif musik global, Sounds Rights di New York, Amerika Serikat.

Adapun perilisan lagu ini dalam rangka menyambut Hari Bumi.

Baca juga: Earhouse Songwriting Club, Semangat Endah N Rhesa Meneruskan Spirit Kebersamaan dalam Bermusik

"Alam merupakan sumber inspirasi dan sangat memengaruhi banyak hal yang kita lakukan dalam kehidupan dan juga seni. Sangat penting bagi Alam untuk akhirnya diakui secara resmi sebagai seniman,” kata Endah Widiastuti dari Endah N Rhesa dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (19/4/2024).

“Inisiatif ‘Sounds Right’ sangat penting bagi Indonesia. Negara kita adalah negara kepulauan terbesar di dunia, dengan area hutan hujan terbesar ketiga di dunia, dan salah satu ekosistem yang paling beragam secara biologis di bumi,” timpa Gede Robi, vokalis dari Navicula.

Adapun lagu ini memperdengarkan suara alam khas Nusantara seperti hutan hujan tropis dan samudra.

Baca juga: Hoala & Koala Gandeng Endah N Rhesa dalam Lagu Terbaru Berjudul “Jangan Pernah Berubah”

Lagu ini pun sarat akan makna budaya dan lingkungan, terinspirasi dari sebuah mantra dan kidung klasik Bali yang dinyanyikan untuk pemujaan dan perayaan saat alam subur dan melimpah, lewat hubungan harmonis yang setara dan seimbang antara manusia, alam, dan Sang Pencipta.

“Segara Gunung adalah penjelajahan puisi dan musik tentang interaksi dinamis antara energi maskulin dan feminin yang diwakili oleh gunung dan laut,” tutur Endah.

“Lirik lagu ini adalah kisah cinta antara keduanya dan merupakan metafora penciptaan kehidupan dan pentingnya keseimbangan alam,” tambah Endah lagi.

Baca juga: Lirik Lagu While in Camberwell, Singel Baru dari Endah N Rhesa

Selain Navicula dan Endah N Rhesa, inisiatif global ini juga turut melibatkan Ellie Goulding, AURORA, David Bowie x Brian Eno, UMI x V dari BTS, MØ, London Grammar, dan masih banyak lagi.

Lebih lanjut, tujuan dari inisiatif Sounds Right adalah untuk menggerakkan pecinta musik, mengumpulkan dana, mendorong percakapan global tentang bagaimana kita menilai alam, serta membangun rasa tanggung jawab dalam upaya kolektif untuk melindungi planet.

Selain itu, inisiatif ini juga mendorong pecinta musik untuk mengambil tindakan nyata dalam melestarikan alam dan mengadopsi berbagai perilaku berkelanjutan.

Inisiatif ini ditargetkan akan menjadi sebuah gerakan yang lebih besar dan berdampak, menghasilkan lebih dari 40 juta dolar untuk konservasi alam dan melibatkan lebih dari 600 juta pendengar individu dalam empat tahun pertamanya.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Living with Pirates - Endah N Rhesa

Sementara itu, Robi Navicula mengatakan bahwa masalah lingkungan dan krisis iklim disebabkan oleh ketidakseimbangan antara apa yang kita ambil dari alam dan apa yang kita berikan kembali kepada alam.

“Music Declares Emergency Indonesia diluncurkan pada Hari Bumi tahun lalu (22 April 2023). Setahun kemudian, Hari Bumi tahun ini, kami bangga menjadi bagian dari ‘Sounds Right’ yang secara resmi mengakui alam sebagai seorang seniman yang memiliki haknya sendiri", ucap Robi.

Seluruh lagu dari inisiatif ‘Sounds Right’ dapat dinikmati di playlist Feat. NATURE di Spotify dan platform streaming musik utama lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com