Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dicap Pedofilia, Bintang Games of Thrones Joseph Gatt Tuntut Jaksa

Kompas.com - 07/04/2024, 12:53 WIB
Melvina Tionardus,
Dian Maharani

Tim Redaksi

Sumber Variety

JAKARTA, KOMPAS.com - Bintang serial Game of Thrones, aktor Joseph Gatt menggugat Jaksa Wilayah Los Angeles County, George Gascón pada Kamis (4/4/2024) setelah dia dicap sebagai pedofilia.

Joseph ditangkap dan didakwa dengan dugaan komunikasi seksual dengan anak di bawah umur pada tahun 2022 lalu.

Kasus tersebut kemudian dibatalkan dan dia sekarang menyebut penangkapan tersebut sama sekali tidak berdasar.

Baca juga: Aktor Game of Thrones, Joseph Gatt, Ditangkap Terkait Tuduhan Komunikasi Seksual Anak di Bawah Umur

Ia menggugat jaksa untuk ganti rugi 40 juta dollar AS atau setara Rp 635,5 miliar.

Selain itu, Joseph juga menggugat Wakil Jaksa Wilayah Los Angeles County, Angela Brunson, Detektif LAPD, Denos Amarantos dan Kota Los Angeles.

Dalam gugatan tersebut ia mengklaim penghancuran karier akting dan reputasi pribadi Joseph Gatt yang mengejutkan dan disengaja oleh personel penegak hukum Los Angeles Country yang diakibatkan oleh penyelidikan kriminal yang gagal total.

Baca juga: Putra Sean Diddy Combs Diduga Melakukan Pelecehan Seksual

"Sama sekali tidak memiliki kemungkinan penyebab apa pun, dipimpin oleh Wakil Jaksa Wilayah yang jelas-jelas berkonflik yang mencari Joseph untuk menghancurkannya hanya berdasarkan bias dan permusuhan pribadi," tulis Joseph Gatt dalam tuntutannya.

Dikatakan, bahwa penangkapan Joseph pada tahun 2022 disebabkan oleh seorang penggemar berusia 16 tahun yang terobsesi, yang tidak dikenal dan belum pernah ditemui Joseph Gatt.

Pada bulan Oktober 2020, salah satu teman penggemar itu membelikannya pesan video Cameo dari Gatt yang mengucapkan selamat ulang tahun kepadanya.

Penggemar tersebut lalu mulai mengirim pesan kepada Gatt melalui media sosial.

Isi gugatan kala itu mengatakan bahwa aktor tersebut merespons dengan cara yang sepenuhnya sesuai dan konsisten dengan pertukaran pesan selebritas-penggemar pada umumnya.

Diklaim pula bahwa penggemar tersebut mengarang pesan yang bersifat seksual dan fantasi murni dengan menggunakan gambar Joseph Gatt dari penampilannya di acara TV, Banshee.

Gugatan tersebut menuduh bahwa para terdakwa tidak mewawancarai penggemar tersebut atau menilai kredibilitasnya sampai satu tahun setelah Joseph Gatt ditangkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com