Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curhat soal Pekerjaannya, Prilly Latuconsina: Aku Harap Aktor Bisa Masuk Pekerjaan Profesional

Kompas.com - 27/03/2024, 18:38 WIB
Revi C. Rantung,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Prilly Latuconsina memiliki harapan yang lebih baik untuk pekerjaan sebagai aktor di Indonesia.

Prilly berharap, aktor bisa diperhatikan dan masuk dalam pekerjaan profesional.

“Aku berharap aktor atau aktris bisa masuk pekerjaan profesional karena sekarang masih tergolong buruh,” kata Prilly saat ditemui di Taman Ismail Marzuki (TIM) daerah Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (26/3/2024).

Baca juga: Prilly Latuconsina Beri Tanggapan soal Larisnya Film Horor di Indonesia

Prilly menyebut tak mudah menjalani pekerjaan sebagai aktor. Sebab, pekerjaan aktor cukup berat lantaran harus bekerja hingga 24 jam.

Bahkan tak sedikit aktor yang jatuh sakit.

“Banyak banget aktor di luar sana yang syutingnya 24 jam, enggak tidur, tetapi harus syuting terus mungkin mengalami beberapa kejadian sakit atau apa," ungkap Prilly.

"Tapi tidak bisa tertolong nih, karena waktu produksinya sebentar sedikit enggak bisa ditambahin hari, sehingga saat sakit harus tetap syuting. Nah itu bagaimana kita menanggulanginya," tambah Prilly.

Baca juga: Langkah Prilly Latuconsina Sejahterakan Pelaku Film

Melihat pekerjaan aktor cukup berat, lantas membuat Prilly sempat berdiskusi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno untuk membahas RUU Keaktoran.

Pembahasan itu berkaitan dengan kesejahteraan aktor di Tanah Air.

"Makanya tadi pagi saya juga meeting sama Menteri Parekraf untuk mendukung program-program kami dari fasilitas juga untuk kesejahteraan aktor semoga bisa didukung pemerintah," tutur Prilly.

"Sehingga Indonesia ini ekosistem industrinya bisa lebih baik daripada sebelumnya dan siapapun yang bekerja di industri film bisa sejahtera amin," tambah Prilly.

Baca juga: Ngefans dari SMP, Prilly Latuconsina Menangis Haru Saat Nonton Konser Taylor Swift di Singapura

Sebagai langkah kecilnya, Prilly telah menerapkan kesejahteraan untuk pelaku film dalam rumah produksinya, Sinemaku Pictures.

Prilly menyebut, rumah produksinya sengaja membuatkan BPJS untuk seluruh pelaku film.

“Semua kru kami buatkan BPJS. Sakit di tengah syuting sudah aman, enggak cuma peran utama aja tapi profesi kecil tidak terlihat juga dapat hak,” ucap Prilly.

Prilly berharap dengan langkahnya ini dapat dilirik oleh pemerintah sehingga profesi aktor menjadi lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com