Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Saja Operasi Jantung, Arnold Schwarzenegger Sebut Jadi seperti Terminator

Kompas.com - 26/03/2024, 16:16 WIB
Andika Aditia

Penulis


KOMPAS.com – Aktor Arnold Schwarzenegger mengungkapkan dirinya memasang alat pacu jantung pada minggu lalu setelah menjalani operasi jantung.

Arnold Schwarzenegger (76) menjelaskan, dia sekarang memiliki “bagian mesin” seperti karakter Terminatornya – dan mengatakan dia harus berhenti sejenak untuk pergi ke gym.

Berbicara di podcast Arnold’s Pump Club, aktor tersebut berkata: “Senin (18/3/2024) lalu, saya menjalani operasi untuk menjadi lebih seperti mesin: Saya mendapatkan alat pacu jantung.”

Baca juga: Danny DeVito dan Arnold Schwarzenegger Mencaci-maki Michael Keaton soal Batman Saat Reuni Oscar

“Saya harus memberitahu kalian, mengatakan hal ini kepada kalian semua bertentangan dengan masa kecil saya di Austria, di mana tidak ada seorang pun – yang pernah – berbicara tentang masalah medis. Segala sesuatu yang berhubungan dengan perawatan kesehatan disimpan untuk kalian sendiri,” tutur Arnold Schwarzenegger.

Kendati demikian, Arnold senang mendapat banyak dukungan dari banyak orang.

Bahkan, Arnold juga banyak mendapatkan dukungan dari orang yang mengalami kondisi jantung serupa dengannya.

Baca juga: Arnold Schwarzenegger Ditahan di Bandara Munich gara-gara Jam Tangan Rp 467 Juta

“Tetapi saya mendapat begitu banyak pesan dan email dari orang-orang yang terlahir dengan katup aorta bikuspid, seperti saya, yang memberi tahu saya bahwa membicarakan tentang operasi penggantian katup saya telah memberi mereka keberanian dan harapan untuk menghadapinya sendiri,” ungkap Arnold.

Dia juga meyakinkan para penggemarnya bahwa dia “melakukannya dengan baik.”

“'Saya menjalani operasi pada hari Senin, dan pada hari Jumat, saya sudah menghadiri acara lingkungan besar bersama teman saya dan sesama pejuang kebugaran Jane Fonda…'Tidak ada yang mengira saya memulai minggu ini dengan operasi.

Baca juga: Arnold Schwarzenegger Ungkap Rivalitas Masa Lalu dengan Sylvester Stallone

“'Saya ingin berterima kasih kepada seluruh tim saya di Klinik Cleveland. Semua dokter dan perawat memberikan perhatian yang luar biasa terhadap saya dan menjadikan operasi ini senyaman mungkin. Mereka juga menasihatiku bahwa sudah waktunya untuk menjalani ini karena beberapa jaringan parut dari operasiku sebelumnya telah membuat detak jantungku tidak teratur.

“Hal ini sudah terjadi selama beberapa tahun, jadi saya tetap berhubungan dengan tim medis saya dan mengunjunginya secara langsung setidaknya setahun sekali untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh dan melihat bagaimana kondisi jantung saya.”

Baca juga: Arnold Schwarzenegger Klaim Bisa Menangkan Pemilihan Presiden Amerika 2024 dengan Mudah

Arnold Schwarzanegger diketahui telah beberapa kali menjalani operasi jantung pada tahun 2021, 2018, dan 1997, di mana ia menjalani operasi jantung elektif untuk menggantikan katup jantung aorta bawaan yang rusak.

“Dan jika Anda menunda sesuatu karena takut, saya harap saya menginspirasi Anda untuk mendengarkan dokter dan menjaga diri sendiri,” kata Arnold.

Awal bulan ini, Arnold Schwarzenegger dan Danny DeVito berkumpul untuk mempersembahkan penghargaan Efek Visual Terbaik di Academy Awards ke-96.

Baca juga: Soal Pelecehan Seksual di Masa Lalu, Arnold Schwarzenegger: Saya Tidak Bisa Memutar Waktu

Kedua aktor yang pernah bekerja sama dalam film Twins ini menjelaskan bagaimana mereka berdua menjadi penjahat Batman dalam film terpisah yang didasarkan pada pahlawan super DC. Mereka bercanda tentang bagaimana karakter mereka masing-masing dipermalukan dan akhirnya dikalahkan oleh Batman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com