Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vakum Selama 3 Tahun, Siti Badriah Kini Rilis Lagu Cocote (Tolong Dikondisikan)

Kompas.com - 01/11/2023, 19:00 WIB
Cynthia Lova,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah vakum selama tiga tahun, penyanyi dangdut Siti Badriah merilis lagu barunya berjudul “Cocote (Tolong Dikondisikan).”

Siti Badriah vakum karena harus mengurus keluarganya.

"Satu tahun Covid, terus menuju kehamil sampai dua tahun. Selanjutnya aku melahirkan terus (ngurus anak). Ya aku vakum karena keluarga aja," ujar Siti Badriah di Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (1/11/2023).

Baca juga: Sempat Ditolak Manggung di Rokan Hulu, Siti Badriah Bersyukur Tanggung Jawabnya Selesai Juga

Berkolaborasi dengan grup RPH (Repoeblic Patah Hati), ini adalah kali pertama Siti Badriah merilis lagu dengan lirik bahasa Jawa.

“Ini lagu pertama kali aku ngerap ada bahasa Jawa, Bahasa Indonesia aku aja belepotan. Tapi mas Yogi ngedirect aku sama mas Jaya pas aku (merasa) kesulitan gimana caranya aku masuk enggak kesulitan. Jadi buat aku enggak pusing banget,” kata Siti.

Tak hanya pakai bahasa Jawa, Siti Badriah juga harus ngerap dan juga nyinden di lagu barunya ini.
Baca juga: Siti Badriah Beri Kebebasan Krisjiana Baharudin dalam Berakting

Siti Badriah ternyata tak butuh waktu lama untuk belajar ngerap dan nyinden pakai bahasa Jawa.

"Sebenarnya ini ngerap dan nyinden pakai bahasa Jawa tadinya enggak ada. Tadinya lagu ini bahasa Indonesia (bukan Jawa). Aku menghafalin seminggu sebelum rekaman," ucap Siti.

"Besokannya pas udah rekaman take yang udah ini pakai bahasa Jawa sama sinden dan ngerap," lanjut Siti.

Pencipta lagu dan juga produser Yogi RPH mengatakan, sebenarnya yang menambahkan untuk Siti Badriah nyinden di bagian awal lagu "Cocote (Tolong Dikondisikan)" adalah Krisjiana Baharudin.

Baca juga: Siti Badriah Ceritakan Awal Terkena Tumor Kelenjar Getah Bening dan Putuskan Operasi

"Suami Sibad lebih cerewet, lebih detail. Dia beberapa kali beri masukan. Kayak sindennya hasil discuss-nya (dengan Krisjiana). Terus bagian depan kayak ada mistis pas sindennya gimana, kita kerjain instan," ujar Yogi.

"Kita 'masukin Sinden dong mas kata Kris.' Terus aku bilang 'emang bini lu bisa?' Karena Sibad kan orang Sunda. Tapi ternyata dia bisa lho belajar satu malam," tutur Yogi.

Terakhir, Siti Badriah berharap lagu ini bisa menjadi pengingat untuknya dan pendengarnya agar bisa menjaga kata-kata saat berbicara.

"Ceritanya lagu ini tentang mulut-mulut tentang cocot yang enggak pernah dijaga. Yang asal jeplak-jeplak nyakitin orwng tanpa disaring lagi ngomongnya. Buat kita juga tanpa disadari kita juga kayak begitu supaya (lewat lagu ini bisa mengingatkan agar) kita jaga omongan kita," imbuh Siti Badriah.

Adapun "Cocote (Tolong Dikondisikan)" dirilis pada 30 Oktober 2023 di semua platform musik digital.

Untuk music video "Cocote (Tolong Dikondisikan)" bisa ditonton di YouTube NAGASWARA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com