Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lies AR Meninggal karena Komplikasi dan Punya Riwayat Penyakit Gula

Kompas.com - 18/09/2023, 16:25 WIB
Cynthia Lova,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gitaris grup musik legendaris Dara Puspita, Lies Adjie Rachman (AR) meninggal dunia di Mojokerto, Jawa Timur, pada Minggu (17/9/2023). Lies meninggal di usia 78 tahun.

Rekan satu grup musiknya atau vokalis Dara Puspita, Titik Hamzah, membeberkan bahwa Lies AR meninggal karena komplikasi penyakit.

Kata Titik, Lies juga punya riwayat sakit gula.

Baca juga: Jenazah Lies AR, Gitaris Dara Puspita, Akan Dimakamkan di Belanda

“(Penyebab meninggalnya) komplikasi (penyakit) ya. Dia juga punya riwayat gula. Waktu itu saya tanya tahun lalu pas ketemu ‘kenapa kurusan mbak Lies?’” ujar Titik saat dihubungi Kompas.com, Senin (18/9/2023).

“‘Saya ada gula’ (jawab Lies). Tapi dia selalu ke kafe sama teman-temannya bukan ke disko. Minum kopi makan-makan kue,” lanjut Titik.

Titik mengatakan, Lies juga mengalami pembengkakan di jantungnya. Hal itu diketahui saat Lies hendak dioperasi usai mengalami penyumbatan usus. Dari situ kondisi Lies terus melemah.

Baca juga: Gitaris Dara Puspita Lies AR Meninggal Dunia

“Kata Susy jantung (Lies) bengkak terus ada penyumbatan di ususnya. Terus mau dioperasi di ususnya tapi dilihat ada pembengkakan jantung jadi ditunda dulu,” kata Titik.

“Tiba tiba kok (kondisi Lies) semakin lemah, masuk ICU. Tiba-tiba terus hilang tiba-tiba dia pergi,” lanjut Titik dengan suara lemas.

Titik mengatakan, selama ini Lies memang tidak menceritakan detail penyakit yang dialaminya.

“Tapi dia enggak pernah cerita.

Dia cuma cerita dia sakit gula aja. Ada riwayat gula di dalam keluarganya,” tutur Titik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com