Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juara EMPC, Samrei dan Fortebeats Akan Rilis Lagu Bersama Label Amerika

Kompas.com - 24/06/2023, 12:45 WIB
Ady Prawira Riandi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah keluar sebagai pemenang Electronic Music Producer Contest (EMPC) 2022, dua musisi Indonesia, Samrei dan Fortebeats, bersiap merilis singel mereka masing-masing.

Sesuai dengan janjinya penyelenggara, kedua musisi ini berkesempatan merilis lagu di bawah naungan label Astralwerks Record yang bermarkas di New York, Amerika Serikat.

Samrei sebagai pemenang EMPC akan merilis lagu "Show Me", sedangkan Fortebeats sebagai pemenang remix akan mengaransemen ulang hit milik Jonas Blue yang berjudul "Perfect Stranger."

Baca juga: Winky Wiryawan, Jevin Julian, dan Christian Rijanto Jadi Juri EMPC 2021

Samrei mengaku cukup terbebani dengan perilisan lagu barunya karena karyanya akan disandingkan dengan musisi lain dari Astralwerks Record.

Dari segi aransemen, dia menambahkan elemen Disco, Funk, dan Synthwave dengan berbagai fx modulasi sehingga lagu dan musiknya memiliki karakter yang unik.

"Saya membuat pressure ke diri sendiri karena nanti lagu ini bakal masuk ke Astralwerks bersama lagu-lagu mereka yang keren, jadi saya harus total dalam membuat karya ini," kata Samrei dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (24/6/2023).

Baca juga: Electronic Music Produser Contest 2022 Libatkan Jonas Blue sebagai Juri

Samrei mengaku senang karena proses kreatif di balik penciptaan lagunya benar-benar didukung oleh label rekamannya.

"Astralwerks sangat unik, cara mereka menulis lagu, brainstorming atau bertukar ide, juga workflow yang mereka terapkan sangat efisien. Mereka membiarkan kami berproses secara kreatif," ucapnya.

Sementara itu Fortebeats berusaha mengentalkan unsur house musik yang merupakan signature dan ciri khasnya selama berkarier di panggung musik elektronik agar lagunya terasa berbeda dari aransemen Jonas Blue.

Baca juga: Electronic Music Producer Contest 2020 Ajak Dipha Barus hingga Yellow Claw Jadi Juri

"Perfect Stranger versi saya ini merupakan interpretasi yang tak kalah seru dari versi aslinya. Tentu versi Fortebeats mencampurkan sentuhan musik house yang sudah memiliki rekam jejak evolusi selama puluhan tahun," kata Fortebeats.

Perjuangan Samrei dan Fortebeats untuk berada di tahap ini tak lepas dari campur tangan juri-juri andal di jajaran produser musik dan disc jockey (DJ) bertaraf internasional seperti Jonas Blue, SIHK, dan Winky Wiryawan yang mengawal EMPC dari Iceperience.id.

Keduanya dipilih sebagai pemenang karena berani keluar dari jalur mainstream.

Astralwerks Record sebelumnya juga sudah menggandeng beberapa musisi seperti Weird Genius, Marsmello, Alison Wonderland, The Chemical Brothers dan Surf Messa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com