Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Gelar Malam Peghargaan, Nimo TV Berikan Anugerah pada Agency Asal Indonesia

Kompas.com - 10/04/2023, 14:10 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com -  Platform live-streaming global Nimo TV yang dioperasikan HUYA inc sukses menggelar Nimo TV Global Gala 2023. Acara digelar di White Palace, Ho Chi Minh, Vietnam, Minggu (9/4/2023).

Lewat acara itu, Nimo TV menampilkan sederet streamer, artis, dan bintang tamu dari berbagai belahan dunia, termasuk dari China, Vietnam, Indonesia, Thailand, Timur Tengah dan negara lainnya.

Mereka di antaranya Misthy, supergrup LoL Thay Giao Ba & SBTC Teamy, Nhism, Snake, dan QNT.

Adapun salah satu agenda yang juga ditunggu pada perhelatan tersebut adalah penganugerahan penghargaan bergengsi, seperti "Streamer of the Year 2022", "Agency of the Year", "Most Popular Idol of the Year", "Most Popular Streamer of the Year", dan lain-lain.

Penghargaan utama "Agency of the Year" diberikan kepada PIT, JFS, dan FAIRIES.

Sementara, agency LUX asal Indonesia meraih "Top 1 Agency of the Year 2022". Adapun pembawa acara Indonesia, lullaby59, juga dinobatkan sebagai "Most Popular Host of the Year 2022", sementara pembawa acara dari Timur Tengah, Azizos dan Chafcha, meraih "Most Popular Streamer of the Year 2022".

Strategi Nimo TV masuk industri hiburan

Pihak Nimo TV memaparkan bahwa 2022 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi industri live-streaming. Nimo turut terimbas dan beradaptasi dengan beberapa penyesuaian, seperti menutup bisnis di beberapa wilayah, termasuk Indonesia, untuk fokus pada bisnis di wilayah Timur Tengah dan Asia Tenggara.

“Terlepas dari tantangan ekonomi dan bisnis selama setahun terakhir, Nimo telah menemukan arah pengembangan yang tepat setelah melakukan serangkaian penyesuaian,” ujar CEO Hu Ya, Dong Rong, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (10/4/2023).

Dong Rong mengatakan bahwa kini, Nimo memperkuat pengembangan pan-entertainment live streaming selain game.

Hasilnya, Nimo telah menunjukkan hasil yang baik dan pengembangan bisnis memasuki jalur cepat.

“Tahun ini (2023), Nimo TV terus bergerak maju dengan kecepatan penuh, meningkatkan ekspansi bisnis global dengan misi transformatif menjadi platform live streaming terkenal di dunia,” paparnya.

CEO Hu Ya, Dong Rong, berbicara pada Nimo TV Global Gala 2023.Dok Nimo TV CEO Hu Ya, Dong Rong, berbicara pada Nimo TV Global Gala 2023.

CEO Nimo TV, Leo Lee, mengamini hal tersebut. Kata dia, dengan fokus pada konten pan-entertainment, termasuk kategori live streaming, seperti live idol, musik, dancing, aktivitas luar ruangan, permainan, dan voice room, bisnis global Nimo TV mulai memperlihatkan keberhasilannya.

“Selain itu, Nimo TV akan berfokus untuk membangun komunitas pengguna di China dan Thailand melalui kombinasi aktivitas online dan offline untuk mengeksplorasi lebih banyak peluang yang bisa didukung oleh live-streaming, termasuk hiburan offline untuk meningkatkan profitabilitas partner,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, pada fitur interaktif, konten Nimo TV bakal lebih diperkaya, termasuk pada social networking, team-mate on demand, voice rooms, dan fungsi lainnya.

Rencana terbaru, Nimo TV akan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang dikembangkan secara mandiri dan streaming langsung lewat avatar sembari meninjau fitur pasar yang berbeda untuk mengeksplorasi preferensi pengguna lokal agar lebih memadai.

“Kami juga ingin meluncurkan lebih banyak aktivitas lokal di platform kami, untuk memberikan pengalaman pengguna yang beragam dan memajukan perkembangan live streaming global yang sehat dan potensial,” tambahnya.

Sebagai informasi, gelaran penganugerahan yang digelar Nimo TV direncanakan terselenggara tahunan. Event ini adalah acara pertama yang digelar sejak Nimo TV berdiri pada 2018.

Acara tersebut juga muncul di beberapa landmark di seluruh dunia, termasuk gedung Nasdaq di New York, gedung TNR di Hanoi, Vietnam, dan kawasan perdagangan Siam Square di Bangkok, Thailand.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com