Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DNA Abby Choi Disebut Cocok dengan Bagian Tubuh yang Ditemukan di Desa Tai Po

Kompas.com - 08/03/2023, 14:43 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Bagian tubuh manusia yang ditemukan di sebuah rumah desa Tai Po telah diidentifikasi sebagai model Hong Kong yang terbunuh, Abby Choi.

Sumber mengatakan, dari tes DNA dikonfirmasi, bagian potongan tubuh yang ditemukan di flat lantai dasar rumah tiga lantai Lung Mei Tsuen adalah sisa-sisa sosialita berusia 28 tahun itu.

Bagian tubuh yang disebut telah dikonfirmasi adalah tengkorak yang ditemukan di panci sup besar dan dua kaki yang ditemukan di lemari es.

Sampai saat ini, beberapa bagian tubuh Choi, termasuk badan dan tangannya, belum ditemukan.

Baca juga: Tersangka Pembunuhan dan Mutilasi Abby Choi Disebut Bisa Bebas jika Tubuh yang Hilang Tak Ditemukan

Sebelumnya dikabarkan oleh HK01, seorang dokter forensik terkenal Taiwan menjelaskan penyebab pembunuhan disertai mutilasi umumnya dilakukan untuk menghalangi operasi investigasi otoritas dalam pemeriksaan DNA.

Pembunuh ingin membuang kepala dan anggota badan untuk menambah kesulitan dalam mengidentifikasi sidik jari.

Dia juga mengatakan bahwa sup yang kemudian digunakan untuk merebus kepala Abby  itu tidak dibuat untuk dimakan tetapi untuk menyembunyikan DNA.

Sementara itu, mantan suami Abby Choi, Alex Kwong Kong, bersama ayahnya Kwong Kau, ibu Jenny Li Sui-heung, dan saudara laki-lakinya Anthony Kwong, didakwa sehubungan dengan Pembunuhan Choi dan ditahan tanpa jaminan.

Baca juga: Terungkap Cara Polisi Hong Kong Pecahkan Teka- teki Pembunuhan dan Mutilasi Abby Choi

Tiga tersangka lainnya juga telah ditangkap terkait kasus tersebut.

Salah satunya, seorang pria berusia 41 tahun, didakwa pada hari Senin karena membantu pelaku tetapi diberikan jaminan setelah muncul di pengadilan.

Polisi minggu lalu melakukan pencarian selama tiga hari untuk mencari sisa bagian tubuh sosialita yang hilang di tempat pembuangan sampah di Ta Kwu Ling.

Ini dilakukan setelah pemeriksaan rekaman keamanan menunjukkan bahwa seseorang telah membuang barang bukti di tempat pengumpulan sampah, termasuk bagian tubuh, pakaian, telepon, dan senjata pembunuhan.

Namun polisi sampai saat ini tidak menemukan bukti lebih lanjut yang bisa membantu penyelidikan kasus ini.

Sehari setelah menemukan beberapa jenazah Choi di rumah desa Tai Po pada 24 Februari, polisi juga menggeledah Pemakaman Permanen China Junk Bay.

Pencarian besar-besaran itu dilakukan polisi setelah Abby dilaporkan hilang pada 21 Februari 2023 malam.

Ibu empat anak ini terakhir terlihat di perumahan mewah di kawasan eksklusif Kadoorie Hill di kota Ho Man Tin pada hari yang sama.

Mantan suaminya, orang tua dan kakak laki-lakinya juga tinggal di daerah itu.

Tinjauan rekaman CCTV menunjukkan dia dijemput dengan menggunakan mobil 7 seater yang dikemudikan oleh mantan saudara iparnya, yang bekerja sebagai sopirnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com