Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ed Sheeran Salurkan Kepedihan Tumor Istri dan Kematian Sahabatnya ke Dalam Album Baru

Kompas.com - 01/03/2023, 21:54 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com – Ed Sheeran memiliki cara baru dalam bermusik, dan penyanyi asal Inggris ini mengungkapkan bagaimana rasa sakit secara emosional dalam kehidupan pribadinya dan mempengaruhi album barunya.

Ed Sheeran merilis siaran pers pada hari Rabu (1/3/2023), mengungkapkan bahwa album barunya yang telah lama ditunggu-tunggu, Subtract, akan diluncurkan pada tanggal 5 Mei 2023.

Album ini akan menjelaskan perjalanan kreatif selama beberapa tahun terakhir.

"Saya telah mengerjakan Subtract selama satu dekade, mencoba membuat album akustik yang sempurna, menulis dan merekam ratusan lagu dengan visi yang jelas tentang apa yang seharusnya saya pikirkan," tulis Ed Sheeran berbagi dalam pernyataannya seperti dilansir dari ETonline, Rabu.

Baca juga: Adele dan Ed Sheeran Tolak Undangan untuk Tampil di Penobatan Raja Charles III

"Kemudian di awal tahun 2022, serangkaian peristiwa mengubah hidup saya, kesehatan mental saya, dan akhirnya cara saya memandang musik dan seni." Tambah Ed Sheeran.

Menurut pelantun "Bad Habits", serangkaian kemalangan dan tragedi terjadi - mulai dari istrinya, Cherry Seaborn yang mengidap tumor hingga kematian seorang teman dekat, dan tekanan melawan gugatan pelanggaran hak cipta.

"Dalam waktu satu bulan, istri saya yang sedang hamil diberi tahu bahwa dia menderita tumor, tanpa jalan pengobatan sampai setelah melahirkan. Sahabat saya Jamal, saudara laki-laki saya, meninggal mendadak dan saya mendapati diri saya berdiri di pengadilan membela integritas saya dan karier sebagai penulis lagu," renung Sheeran.

"Saya berputar-putar melalui ketakutan, depresi, dan kecemasan." Kata Ed Sheeran menegaskan suasana hatinya.

Baca juga: Lirik dan Terjemahan Lagu Who We Love - Sam Smith feat. Ed Sheeran

Ed Sheeran ingat bagaimana dia "merasa seperti sedang tenggelam, kepala di bawah permukaan, melihat ke atas tetapi tidak bisa menembus udara."

Namun, Sheeran menjelaskan, menulis lagu menjadi terapi baginya. Jadi, dia memutuskan untuk bekerja melalui rollercoaster trauma emosional dan menyalurkannya menjadi sesuatu yang positif.

"Sebagai seorang seniman, saya tidak merasa dapat secara kredibel menempatkan karya ke dunia yang tidak secara akurat mewakili keberadaan saya dan bagaimana saya perlu mengekspresikan diri saya pada saat ini dalam hidup saya," tambah Sheeran.

"Album ini murni itu. Itu membuka pintu jebakan ke dalam jiwaku. Untuk pertama kalinya aku tidak mencoba membuat album yang disukai orang, aku hanya mengeluarkan sesuatu yang jujur dan benar di mana aku dewasa,” tutup Ed Sheeran.

Baca juga: Ed Sheeran Mengaku Hampir Nyanyikan Soundtrack Film No Time To Die Sebelum Billie Eilish

Sheeran juga merilis daftar lagu di album Subtract:

  • "Boat"
  • "Salt Water"
  • "Eyes Closed"
  • "Life Goes On"
  • "Dusty"
  • "End Of Youth"
  • "Colourblind"
  • "Curtains"
  • "Borderline"
  • "Spark"
  • "Vega"
  • "Sycamore"
  • "No Strings"
  • 'The Hills of Aberfeldy"
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com