Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTuber MrBeast Bantu 1.000 Pasien Katarak Dapatkan Operasi Gratis

Kompas.com - 30/01/2023, 14:19 WIB
Vincentius Mario,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - YouTuber bernama Jimmy Donaldson, pemilik kanal MrBeast, menggelar sebuah aksi amal untuk para penderita penyakit katarak mata.

MrBeast membayar biaya operasi 1.000 orang pasien katarak yang buta atau hampir buta.

“Kami menyembuhkan seribu orang yang tak dapat melihat,” kata MrBeast dalam videonya yang ditonton lebih dari 32 juta kali, dilansir CNN, Senin (30/1/2023).

Baca juga: 10 YouTuber dengan Pendapatan Tertinggi 2021, MrBeast Teratas

Video tersebut menyentuh banyak orang lantaran menampilkan rekaman sebelum dan sesudah pasien menjalani operasi katarak.

MrBeast juga memberikan sumbangan uang tunai dan hadiah lainnya kepada beberapa peserta.

MrBeast bekerja sama dengan Jeff Levenson, seorang dokter mata dan ahli bedah untuk menggelar aksi amal tersebut di Jacksonville, Florida, AS.

Baca juga: Bantah Aji Mumpung, YouTuber Bang Brew Fokus Perbaiki Air di Rumah Tiko

Levenson telah mengoordinasikan program “Gift of Sight” yang menyediakan operasi katarak gratis untuk pasien yang tidak memiliki asuransi karena penyakit katarak selama 20 tahun.

“Setengah dari semua kebutaan di dunia adalah orang yang membutuhkan operasi 10 menit,” kata Levenson dalam video tersebut, mengacu pada operasi pengangkatan katarak.

Levenson menjelaskan, dia terinspirasi untuk membantu orang mengakses operasi katarak setelah menjalani operasi kataraknya sendiri.

Baca juga: Ketua RT: Para YouTuber Akan Bantu Pemasangan Listrik dan Air di Rumah Tiko

“Pada hari-hari dan minggu-minggu setelah operasi katarak saya sendiri, saya terpana melihat betapa cerah dan indah dunia ini,” ujar Levenson.

“Tapi saya terkejut dengan gagasan bahwa ada ratusan juta, mungkin 200 juta orang di seluruh dunia, yang buta atau hampir buta karena katarak dan tidak mampu menjalani operasi," lanjutnya.

Levenson lalu mendapat telepon dari kru MrBeast pada bulan September 2022 lalu.

Baca juga: Profil dan Biodata Pratiwi Noviyanthi, Mantan Pramugari yang Jadi YouTuber Penolong ODGJ

"Saya belum pernah mendengar tentang MrBeast. Jadi saya hampir menutup telepon. Tapi untungnya saya tidak menutup telepon. Mereka menelepon tempat penampungan tunawisma dan klinik gratis untuk membuat daftar pasien di daerah Jacksonville yang membutuhkan operasi katarak," ungkap Levenson.

Levenson pun mengoperasi semua pasien katarak dalam satu hari, mulai pukul 7 pagi dan berakhir pada pukul 6 sore waktu setempat.

Kini, MrBeast dan Donaldson terhubung dengan SEE International. Organisasi nirlaba itu memberikan perawatan mata gratis di seluruh dunia kepada pasien yang membutuhkan.

Baca juga: Biodata Jerome Polin, YouTuber yang Jago Matematika

Organisasi tersebut membantu MrBeast menjangkau lebih banyak pasien, dengan total 1.000 operasi yang diselesaikan dalam waktu sekitar tiga minggu.

Video tersebut juga menunjukkan beberapa pasien yang menjalani operasi di Jamaika, Honduras, Namibia, Meksiko, Indonesia, Brasil, Vietnam, dan Kenya.

Levenson berharap, aksinya dan dokter Donaldson menginspirasi banyak orang.

“Jika MrBeast bisa menyalakan api, dan jika kita bisa mendapatkan dukungan pemerintah dan swasta di belakangnya, kita bisa mengakhiri setengah dari semua kebutaan di dunia,” kata MrBeast.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com