Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avatar: The Way of Water Raup Rp 30 Triliun, Kini Jadi Film Keenam Terlaris Sepanjang Masa

Kompas.com - 23/01/2023, 15:10 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

Sumber Variety

KOMPAS.com - Setelah enam minggu tayang, film Avatar: The Way of Water karya James Cameron meraup 2 miliar dolar AS atau Rp 30 triliun dalam penjualan tiket secara global.

Ini merupakan film keenam dalam sejarah dan pertama di masa pandemi Covid-19 yang melampaui tonggak sejarah.

Dengan begitu Avatar 2 bergabung dengan Avatar, Avengers: Endgame, Titanic, Star Wars: The Force Awakens, dan Avengers: Infinity War.

Baca juga: Jadi Film Terlaris ke-6 Dunia, Avatar 2 Berhasil Kalahkan Spider-Man: No Way Home

Kini, Cameron merupakan sutradara dari tiga dari enam film terlaris sepanjang masa. Dia juga satu-satunya sutradara dengan tiga film yang melampaui 2 miliar dolar AS.

Sementara itu, aktris Zoe Saldaña, yang berperan sebagai Neytiri dalam film Avatar itu kini telah membintangi empat dari enam film yang menghasilkan 2 miliar dolar AS.

Dia juga muncul dalam Avengers: Endgame dan Avengers: Infinity War, mengulangi peran Gamora dalam Guardians of the Galaxy.

Baca juga: Bintang Game of Thrones, Oona Chaplin Dipastikan Bergabung di Avatar 3

Avatar: The Way of Water juga secara resmi telah mencapai target Cameron untuk dirinya sendiri sebelum film tersebut dirilis.

Avatar pertama yang memulai debutnya di bioskop 13 tahun lalu, tetap menjadi film terbesar sepanjang masa dengan pendapatan 2,9 miliar dolar AS.

Avengers: Endgame berada di belakang, di tempat kedua dengan 2,79 miliar dolar AS, sementara Titanic berdiri sebagai rilis terlaris ketiga dengan 2,19 miliar dolar AS atau Rp 43 triliun.

Baca juga: James Cameron Pastikan Tiga Sekuel Avatar Siap Dibuat

Sejauh ini, Avatar: The Way of Water telah menghasilkan 598 juta dolar AS atau Rp 8,9 triliun di box office domestik dan 1,4 miliar dolar AS atau Rp 21 triliun secara internasional.

Di luar negeri, pasar yang menonjol adalah China (229 juta dolar AS), Prancis (129 juta dolar AS), Jerman (117 juta dolar AS), Korea (96 juta dolar AS), dan Inggris (81 juta dolar AS).

Sangat mengesankan bahwa Avatar 2 berhasil memecahkan 2 miliar dolar AS, tolok ukur yang tidak mungkin dilakukan di masa Covid-19, karena tidak semua pasar terhubung kembali dengan Na'vi.

Baca juga: Arti Penting Box Office Avatar: The Way of Water untuk Masa Depan Avatar

Namun, Avatar 2 tidak diputar di Rusia, di mana film pertamanya meraup 116 juta dolar AS atau Rp 1,7 triliun, dan gagal di Jepang dengan 28 juta dolar AS atau Rp 420 miliar, penurunan dramatis dari film pertama yang menghasilkan 176 juta dolar AS atau Rp 2,6 triliun.

Sekuel yang lama tertunda dari Avatar (2009) ini dibuka pada Desember 2022 dan tetap sangat populer di minggu-minggu sejak dirilis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com