Kompas.com - 29/09/2022, 14:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selebgram Medina Zein divonis enam bulan penjara atas pencemaran nama baik dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (29/9/2022).

Majelis hakim menyatakan Medina Zein terbukti bersalah melakukan tindak pidana pencemaran nama baik Marissya Icha.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Medina Susani alias Medina Zein dengan pidana penjara selama 6 bulan dan denda Rp 50 juta.," ucap hakim ketua Bawono Effendi dalam persidangan, Kamis (29/9/2022).

"Dengan ketentuan, jika denda tersebut tidak dibayar, diganti dengan pidana kurungan selama satu bulan," kata Bawono melanjutkan.

Vonis yang diterima Medina Zein ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang meminta terdakwa dipenjara selama 1 tahun dan denda Rp 200 juta.

Bawono juga mengungkapkan hal yang memberatkan Medina Zein dalam perkara pencemaran nama baik i i.

"Hal yang memberatkan perbuatan terdakwa sangat tidak sesuai dan bertentangan dengan nilai-nilai etika kesopanan, perbuatan terdakwa tidak mendidik pengguna media sosial, apalagi terdakwa banyak followers-nya," ujar Bawono

Sementara, kata Bawono, hal yang meringankan Medina Zein adalah terdakwa belum pernah dihukum dan merupakan ibu dari dua orang anak yang memerlukan perhatian serta bimbingan.

"Terdakwa mengaku bersalah dan bersedia memohon maaf kepada saksi Marissya Mulyana, terdakwa berjanji tidak mengulangi lagi perbuatannya dan terdakwa memiliki gangguan jiwa bipolar, sehingga memerlukan perawatan intensif," kata Bawono.

Dalam sidang sebelumnya, Medina Zein membaca pledoi yang ditulisnya di selembar kertas.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.