Kompas.com - 14/08/2022, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi Gita Gutawa tidak menampik bahwa tidak sedikit orang menilai Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards sebagai sebuah acara seremonial terhadap suatu karya.

Kendati demikian, Gita Gutawa menegaskan, AMI Awards merupakan salah satu tolak ukur sebuah karya di industri musik Tanah Air.

“Aku merasa sih memang sebenarnya acara awarding itu terkesan seremonial saja. Tapi, menurut aku, ini sangat penting, asal kita menjaga integritasnya,” kata Gita Gutawa saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Jumat (12/8/2022).

Baca juga: Gita Gutawa Ungkap Alasan Jarang Terlihat Bernyanyi di Panggung Lagi

“Aku rasa, AMI itu masih tidak terkalahkan. Maksudnya, sebagai salah satu barometer di industri musik,” ucap anggota termuda Board of Directors Yayasan Anugerah Musik Indonesia (AMI) periode 2022-2027 itu.

Gita Gutawa menuturkan, belakangan ini banyak sekali musisi Indonesia yang tidak terjangkau atau terpublikasi oleh khalayak.

Ia menyimpulkan, tidak sedikit dari mereka memproduksi sebuah karya dari studio di rumah masing-masing.

Baca juga: Masuk Jajaran Board of Directors, Gita Gutawa Ingin Berkontribusi dengan Sudut Pandang Anak Muda

“(Nanti) Tiba-tiba masuk nominasi AMI, terus bangga, itukan bisa jadi penyemat juga buat mereka,” ujar Gita Gutawa.

Gita Gutawa menegaskan oleh karena itu AMI Awards membuka kategori seluas-luasnya sehingga dapat menjangkau mereka yang terkesan tidak terlihat oleh publik.

“Enggak hanya judge dari junlah viewers, atau musik pop saja, tapi mengakomodir banyak sekali genre musik di sini. Mudah-mudahan, setiap musisi yang ingin mengeksplor genre-genre lainnya juga jadi punya kesempatan untuk mempunya kebanggaan lewat AMI ini,” kata Gita Gutawa.

Baca juga: Gita Gutawa hingga Ikke Nurjanah Masuk Jajaran Board of Directors Anugerah Musik Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.