Kompas.com - 07/08/2022, 21:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Musik cover adalah karya hasil reproduksi dari lagu yang sebelumnya pernah direkam dan dibawakan penyanyi lain.

Namun, pro dan kontra sering muncul terhadap karya-karya musisi cover.

Hal itu juga dialami oleh salah satu musisi cover yang sudah berkarier sejak tahun 2016, Aviwkila.

Baca juga: Terinspirasi Kisah Teman, Aviwkila Rilis Lagu Berbahasa Jawa

Grup musik yang digawangi oleh Uki dan Ajeng itu mengawali karier sebagai musisi cover di platform Instagram dengan rutin mengunggah konten cover berdurasi 15 detik.

Keduanya konsisten bermusik hingga saat ini dan sudah merilis original song hasil ciptaan mereka sendiri.

“Sebenarnya kalau pencipta lagu dan musisi cover sama-sama memahami tentang legalitas konten maupun hak-hak lainnya, harusnya kita semua bisa membangun ekosistem musik yang lebih suportif kok," tutur Uki dan Ajeng dalam acara Cakap-Cakap yang diinisiasi oleh tim Cover Clearance by Sosialoka, belum lama ini.

Hal yang sama juga diungkap oleh Mario G. Klau, pencipta lagu sekaligus jebolan ajang The Voice Indonesia.

Baca juga: Musisi Cover Dicibir, Ahmad Dhani: Saya Lebih Senang Lagu Saya Dicover

“Sebagai pencipta lagu dan juga musisi cover, aku senang saat musisi juga mendukung karya yang kami produksi di platform maupun media sosial. Kita bisa saling support juga lewat situ," ungkap Mario.

Sebagai langkah awal mematahkan stigma buruk musisi cover, Mario dan Aviwkila terlibat dalam Cover Clearance by Sosialoka.

Platform itu diinisiasi oleh Sosialoka Indonesia dengan semangat untuk menciptakan ekosistem bagi para Produser Musik Cover dan Label untuk hidup dalam ekosistem industri yang kreatif dan suportif.

Hal tersebut diungkap oleh Miftah Faridh Oktofani, CEO Sosialoka Indonesia.

"Cover Clearance sendiri memiliki misi besar untuk membuat setiap pihak yang terlibat baik dari sisi Pencipta Lagu, Label maupun Musisi Cover sama-sama mendapatkan keuntungan optimal dari setiap karya," ungkap Miftah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.