Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permintaan Banding Amber Heard Ditolak Hakim, Ini Alasannya

Kompas.com - 15/07/2022, 10:24 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Permintaan Amber Heard untuk membatalkan persidangan Johnny Depp atas kasus pencemaran nama baik ditolak oleh hakim Penney Azcarate.

Hakim menyatakan bahwa tidak ada penipuan atau kesalahan selama persidangan digelar seperti ditudingkan pihak Amber Heard.

"Tidak ada bukti penipuan atau kesalahan," kata Hakim Penney Azcarate dalam perintah pengadilan.

Dalam perintah pengadilan, Azcarate menolak beberapa mosi pasca-persidangan Heard untuk "alasan yang dinyatakan dalam catatan" tetapi memberikan penjelasan rinci mengapa pengabdian juri bukan alasan untuk pembatalan sidang.

Baca juga: Temukan Kejanggalan, Tim Amber Heard Resmi Ajukan Pembatalan Sidang

Panggilan tidak termasuk tanggal lahir, menurut Azcarate, dan juri menulis tanggal lahir mereka pada kuesioner yang memenuhi persyaratan hukum untuk layanan.

Hakim mencatat bahwa kedua belah pihak menanyai panel juri dan menyatakannya dapat diterima.

"Oleh karena itu, proses hukum dijamin dan diberikan," tulis Azcarate.

Azcarate juga menyatakan bahwa tim Heard diberikan daftar juri lima hari sebelum dimulainya persidangan dan memiliki banyak kesempatan untuk mengajukan keberatan selama proses selama berminggu-minggu.

"Juri diperiksa, duduk untuk seluruh juri, berunding, dan mencapai putusan," tulis Azcarate.

"Satu-satunya bukti di depan Pengadilan ini adalah bahwa juri ini dan semua juri mengikuti sumpah mereka, instruksi Pengadilan, dan perintah. Pengadilan ini terikat oleh keputusan juri yang kompeten," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, pihak Amber Heard mengajukan pembatalan persidangan ke Pengadilan Sirkuit Fairfax County, Jumat (8/7/2022).

Baca juga: Akhir Putusan Hakim Usai Johnny Depp dan Amber Heard Gagal Mencapai Penyelesaian

Mereka mengajukan pembatalan dan meminta sidang ulang karena menemukan kejanggalan terhadap salah satu juri yang duduk di persidangan Johnny Depp melawan Amber Heard.

Dokumen itu mengklaim orang yang dipilih sebagai juri berusia 77 tahun pada saat itu, dan memiliki nama belakang dan alamat yang sama dengan orang lain yang berusia 52 tahun.

Tim hukum Heard menuduh bahwa dalam persidangan melawan Depp, juri yang datang sebenarnya orang yang lebih muda, bukan orang yang lebih tua seperti dalam daftar.

Perseteruan Depp dan Heard di pengadilan yang digelar selama kurang lebih enam minggu bermula dari gugatan Depp atas op-ed Amber Heard di Washington Post tahun 2018.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com