Kompas.com - 25/06/2022, 13:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak Rima Melati, Aditya Tumbuan mengatakan, ibundanya adalah seorang pejuang.

Menurut Aditya, Rima Melati tidak pernah memperlihatkan rasa sakitnya selama 1,5 bulan dirawat di rumah sakit.

Aditya mengungkapkan hal ini saat ia sebagai perwakilan keluarga menyampai pidato dalam ibadah pelepasan jenazah Rima Melati di GPIB Paulus, Jakarta Pusat.

"Itu adalah tipikal Mama Rima yang penuh dengan perjuangan. Selain berjuang, tidak pernah memperlihatkan rasa sakit. Tapi saya tahu, betapa sakitnya Mama ketika harus melewati oksigen, ventilator, cuci darah, itu sangat menyakitkan," kata Aditya, Sabtu (25/6/2022).

Baca juga: Hari Ini Rima Melati Dikebumikan di TPU Tanah Kusir Pukul 14.00 WIB

Karena melihat kondisi Rima Melati yang kian menurun, Aditya sempat berbicara bahwa ia mempersilakan ibundanya itu untuk pergi.

Dalam kesempatan itu juga, Aditya mengatakan bahwa keluarga sudah mengikhlaskan kepergian Rima Melati.

"Di situ, saya bilang, 'Mama, you can go. Kalau memang ini adalah yang terbaik buat Mama, ini this is the time buat Mama untuk pergi ke rumah'," kata Aditya menirukan percakapannya dengan Rima Melati.

Baca juga: Rangkaian Prosesi Pemakaman Rima Melati

"(Kepada Rima Melati) 'Jangan khawatir, kita semua sudah ikhlas, anak-anaknya, termasuk istri saya, Marisa, kita semua sudah ikhlas'," ucap Aditya melanjutkan.

Aditya menuturkan setelah mengucapkan itu dia hendak pergi ke ruangan lain. Namun saat itu dokter berlarian ke ruang ICU Rima Melati.

Kepada Aditya, dokter mengatakan bahwa Rima Melati mengalami gagal jantung. Sempat dilakukan pertolongan pertama, tapi gagal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.