Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2022, 18:29 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Joko Anwar adalah salah satu sutradara Indonesia dengan segudang karya yang melegenda.

Selain menjadi sutradara, Joko Anwar juga merupakan penulis skenario, produser, dan beberapa kali membintangi film.

Sebelum membuat film panjang yang tayang di layar lebar, Joko Anwar getol menciptakan film pendek dan berperan sebagai sutradara.

Joko Anwar pun mantap merilis film panjang pertamanya berjudul Janji Joni pada 2005. Berikut daftar film layar lebar yang disutradarai Joko Anwar.

Baca juga: Penjelasan Joko Anwar soal Poster Pengabdi Setan 2: Communion

  • Janji Joni (2005)

Janji Joni adalah film panjang pertama yang disutradarai Joko Anwar. Film komedi romantis Janji Joni dibintangi oleh Nicholas Saputra, Maria Renata, Surya Saputra, dan Rachel Maryam.

Mengisahkan toko Joni yang bekerja sebagai pengantar roll film turun-temurun. Ia dihadapkan dengan rintangan mengantarkan roll film hingg akhirnya dipertemukan dengan seorang wanita idaman.

Film debut Joko Anwar sebagai sutradara film panjang ini memperoleh banyak penghargaan. Salah satunya Film Terbaik dari MTV Indonesian Movie Awards 2005.

Baca juga: Fans Joko Anwar, Ratu Felisha Hampir Menangis Saat Dapat Peran dalam Pengabdi Setan 2

Proyek film panjang kedua Joko Anwar adalah Kala. Tayang di bioskop pada 2007 silam. Film ini dibitangi oleh Fachri Albar dan Ario Bayu. Kala menandai film bergaya noir pertama di Indonesia.

Mengisahkan seorang wartawan bernama Janus yang memiliki penyakit narkolepsi. Janus adalah Sang Penidur yang tertulis dalam ramalan Jayabaya. Ia mencari dirinya sendiri sepanjang perjalanan film.

Film Kala mendapatkan respons positif dari penonton dan kritikus film. Kala mendapatkan enam nominasi di Festival Film Indonesia 2007 dan sukses membawa pulang dua Piala Citra untuk kategori Sinematografi Terbaik dan Tata Artistik Terbaik.

Baca juga: Joko Anwar Sebut Ada 400 Shoot CGI di Pengabdi Setan 2: Communion

  • Pintu Terlarang (2009)

Joko Anwar kembali menggaet Fachri Albar dan Ario Bayu dalam proyek film selanjutnya. Film Pintu Terlarang turut dibintangi oleh Marsha Timothy.

Film ini menjadi karya Joko Anwar yang lagi-lagi mendapatkan respons positif. Pintu Terlarang diputar di beberapa festival film internasional sampai memenangi penghargaan Best of Puchon di festival Korea Selatan pada 2009.

Film ini menandai kerja sama perdana Joko Anwar dengan Tara Basro. Aktris itu kini jadi bintang langganan Joko Anwar dalam berbagai filmnya.

A Copy of My Mind dibintangi oleh Tara Basro dan Chicco Jerikho. Mengisahkan seorang gadis bernama Sari yang berpacaran dengan Alex, penerjemah DVD bajakan.

Hubungan dua sejoli itu berjalan lancar sampai Sari terjebak dalam sebuah kasus hingga keselamatannya terancam.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com