Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Opie Kumis Tak Kaget Jenazah Eril Tetap Utuh Saat Ditemukan

Kompas.com - 14/06/2022, 15:14 WIB
Ady Prawira Riandi,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komedian Opie Kumis tak kaget ketika mendengar kabar jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang tetap utuh walau sudah hilang berhari-hari di Sungai Aare, Bern, Swiss.

Menurut Opie, semua itu benar-benar karena kebaikan yang dilakukan Eril semasa hidupnya.

Opie sendiri sempat merasakan kesantunan dan keramahan Eril saat terlibat syuting untuk iklan Bank Daerah Provinsis Jawa Barat.

"Kalau dilihat segala sesuatu memang manusia itu dilihat dari akhir. Ternyata kalau sudah di akhir Allah pasti jaga jasad kita, apapun kebaikan kita bisa terlihat setelah akhir dari semuanya," kata Opie saat ditemui di Jakarta Selatan, Senin (13/6/2022).

Baca juga: Pernah Kerja Bareng, Opie Kumis Tak Tahu Eril Anak Ridwan Kamil

Sebelumnya, Ridwan Kamil sebagai ayah Eril menyatakan jenazah anaknya ditemukan dalam keadaan utuh, wangi, dan menghadap ke arah kanan.

Menurut penjelasan ilmiahnya, jenazah Eril utuh karena air di Sungai Aare sangat dingin dan minim predator.

"Jadi kan kita lihat jasadnya utuh, wangi, terus agak tersenyum, enggak nalar loh. Hilang ketemu di air, ketemu dalam keadaan begitu kan kita enggak nalar, buat pikiran manusia enggak nalar," ujar Opie.

Mengingat kembali kenangannya selama tujuh jam syuting bareng, Opie Kumis hanya bisa percaya bahwa semua itu atas kehendak Tuhan.

Baca juga: Momen Pilu Nabila Duduk Bersimpuh di Depan Jenazah Eril Kekasihnya

"Cuma kita enggak bisa mengingkari itulah kalau punya mau Allah kasih unjuk sama kita yang masih hidup, itulah manusia yang baik, ibadahnya bagus, diterima, ya begitu," kata Opie.

Putra Sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (23) telah dimakamkan di Kecamatan Cimaung, Bandung, Jawa Barat pada Senin (13/6/2022) pukul 11.00 WIB.

Sebelumnya, pencarian Eril telah memakan waktu berhari-hari dengan segala daya upaya, hingga akhirnya jenazah berhasil ditemukan oleh salah satu warga Bern di Bendungan Engehalde.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com