Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dicecar Pengacara Johnny Depp, Respons Saksi Psikiater dari Pihak Amber Heard Disorot

Kompas.com - 24/05/2022, 17:57 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Pihak Amber Heard hadirkan Dr David Spiegel, seorang ahli dalam ilmu perilaku khususnya pada pengguna narkoba dan alkohol serta kekerasan pasangan intim atau IPV.

Dalam kesaksiannya, Spiegel mengatakan bahwa penggunaan narkoba Depp menyebabkan tingkat kerusakan ingatannya yang mengkhawatirkan.

Sebagaimana dibuktikan oleh mantan terapisnya yang memintanya untuk mengingat tiga kata dan mengulanginya lima menit kemudian.

"Tuan Depp tidak dapat mengingat salah satu dari mereka dan itu sangat tidak biasa untuk pria berusia 50 tahun," kata Spiegel.

Setelah meninjau bukti, seperti pernyataan Depp dan wawancara lainnya, dia memutuskan bahwa perilaku aktor itu cocok dengan seseorang yang melakukan kekerasan pasangan intim selama hubungannya dengan Heard.

Menyebutkan ciri-ciri kekerasan pasangan intim adalah hubungan di mana seseorang cemburu atau curiga, seseorang dengan penerimaan ide kekerasan yang lebih tinggi dari rata-rata, seseorang yang memiliki perubahan suasana hati yang cepat dan ekstrem, dan seseorang dengan pengendalian diri yang terbatas.

Baca juga: Dokter Saksi Ahli Bantah Pernyataan Johnny Depp soal Ujung Jari yang Putus

Suasana persidangan semakin tegang ketika pengacara Depp, Wayne Dennison melakukan pemeriksaan silang dengan melontarkan beberapa pertanyaan atas pernyataan Spiegel sebelumnya. 

Salah satunya ketika Dennison bertanya apa benar Dr. Spiegel menyebut Depp 'idiot' dalam deposisinya?

"Anda duduk untuk deposisi dan menyebut penggugat idiot?", tanya Denison.

Sempat berbelit saat menjelaskan alasannya menyebut Depp idiot, Spiegel akhirnya mengatakan itu bukan maksudnya untuk mengatakan idiot.

Baca juga: Awal Mula Kasus Gugatan Rp 730 Miliar Johnny Depp terhadap Amber Heard

"Saya tentu membatalkan maksud itu, saya tidak menyebutnya idiot," kata Dr. Spiegel.

"Jika saya mengatakan kata idiot, itu bukan maksudnya membuat dia seorang idiot, saya tidak tahu IQ Tuan Depp, saya tidak tahu fungsi dia keseluruhan," lanjutnya.

Jawaban terbata-bata dari saksi ahli pihak Amber Heard itu terus menjadi sorotan dan mendapat berbagai komentar di media sosial.

Terlebih ketika pengacara Depp mencecarnya dengan pernyataan Spiegel yang menilai perilaku Johnny Depp untuk disposisi yang dia buat dari peran Depp di film Pirates of the Caribbean hingga film Charlie and the Chocolate Factory, di mana Spiegel kemudian meminta maaf dan mengaku salah ucap. 

"Pria ini, aku ingin melihat reaksi hakim," tulis @litilany.

"Aku butuh seseorang untuk menyelidiki apakah dia benar-benar dokter atau bukan?," tulis @wishusky.

"Dia pasien dan dokter sebenarnya dikunci di suatu tempat," tulis @hamsterdammm.

"Aku rasa dia yang memerlukan perawatan psikolog," tulis @260379itsme.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com