Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trailer Satria Dewa: Gatotkaca Dirilis, Tampilkan Teknologi CGI yang Memukau

Kompas.com - 13/05/2022, 20:22 WIB
Baharudin Al Farisi,
Dian Maharani

Tim Redaksi


DEPOK, KOMPAS.com - Rumah produksi Satria Dewa Studio akhirnya merilis trailer serta poster film superhero Satria Dewa: Gatotkaca pada Jumat (13/5/2022).

Film yang disutradarai Hanung Bramantyo ini menyuguhkan adegan aksi yang penuh dengan teknologi Computer Generated Imagery (CGI) yang tidak kalah memukau seperti film Hollywood.

CEO Satria Dewa Studio Andi Wijaya menegaskan sepenuhnya menggunakan tenaga kerja dalam negeri untuk CGI ini meski beberapa ada yang berpengalaman dari mancanegara.

Baca juga: Hanung Bramantyo Berimajinasi di Satria Dewa: Gatotkaca dan Permintaan Maaf Rizky Nazar

Hanung menegaskan, ia hanya ingin anak Indonesia memiliki acuan superhero dalam negeri dan tidak terpaku terhadap luar negeri seperti Marvel hingga Disney.

"Karena pada saat kecil, saya itu berada dalam lingkungan tradisi yang kuat. Dulu belum ada superhero, yang ada itu adalah kisah wayang kayak Arjuna, Gatotkaca, Werkudara," ucap Hanung saat ditemui di XXI Margo City, Depok, Jawa Barat, Jumat (13/5/2022).

"Persoalannya adalah, anak sekarang tumbuh dari role model superhero dari luar. Sementara kita punya. Keinginan saya, saya pengin kisah-kisah masa kecil saya, yang diceritakan sama nenek saya tentang kisah-kisah itu, saya tularkan ke anak-anak saya, tapi dalam bentuk visualisasi yang berbeda," kata Hanung Bramantyo melanjutkan.

Di sisi lain, Hanung menegaskan tidak banyak mengubah karakteristik dari Gatotkaca yang dibintangi aktor Rizky Nazar itu.

Kendati demikian, Hanung hanya menambahkan sentuhan modern dari segi kostum sehingga tokoh legendaris Indonesia bisa menyesuaikan tren anak muda masa kini

"Kenapa dulu Gatotkaca berkumis? Karena era tahun 40 hingga 50, itu menjadi simbol maskulinitas. Sekarang makin klimis, makin maco. Karena semua ada perubahan, ada transformasi. Makanya kita hilangkan kumisnya," ucap Hanung.

Selain itu, Hanung berujar, pihaknya memodifikasi kutang antakusuma dari Gatotkaca itu sendiri agar terlihat keren untuk anak-anak zaman sekarang.

Film tersebut dibintangi Rizky Nazar, Omar Daniel, Yasmin Napper, Cecep Arif Rahman, Yayan Ruhian, Edward Akbar, Sigi Wimala, Ali Fikri, Yati Surachman, Jerome Kurnia, dan Zsazsa Utari.

Ada juga Axel Matthew, Butet Kertaradjasa, Indra Jegel, Rigen, Gilang Bhaskara, Max Metino, Luis jocom dan Nizam Tazkia.

Menurut rencana, Satria Dewa: Gatotkaca bakal hadir serentak di bioskop Indonesia pada 9 Juni 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com