Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jason Ranti Cerita soal Jalan Ninja, Album yang Berawal dari Perjalanan Pergi dari Kebosanan

Kompas.com - 13/04/2022, 18:06 WIB
Baharudin Al Farisi,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Jason Ranti merilis album yang bertajuk Jalan Ninja pada 8 Maret 2022.

Album ini merupakan kelanjutan dari dua album sebelumnya, yakni Akibat Pergaulan Blues (2017) dan Sekilas Info (2019).

Pemilik nama lahir Patrick Jason Ranti itu lantas menceritakan bahwa Jalan Ninja tercipta dari rasa bosan yang menghantui di setiap harinya.

Oleh karena itu, Jason Ranti memutuskan untuk menepi sejenak untuk mencari suasana baru dengan berkelana ke Wonosari, Jawa Tengah.

“Orang bilang itu kabur. Tapi, saya cuma menepi. Saya pergi ke Wonosari, ke rumah seseorang di sana,” kata Jason Ranti dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (13/4/2022).

Baca juga: Jason Ranti Janjikan Beasiswa Khusus untuk Satu Orang Penggemarnya yang Terpilih

Di Wonosari, pria yang akrab disapa Jeje itu bertemu dengan Astopikaso, Farid Stevy, Bagus Dwi Danto hingga Iksan Skuter.

Tanpa ada persiapan yang memadai, Jason Ranti mengatakan, ia melanjutkan perjalanan ke Surabaya, Kediri, Gresik, Jember, Pekalongan, Sukabumi, perbatasan Jawa-Bali, Lombok, dan kembali ke Bali.

“Saya tinggal di Canggu, mungkin. Ketemu Dadang Pranoto. Saya lupa apa yang terjadi, tapi ada pembicaraan di suatu tempat, dia bilang, ‘kita buat album saja’. Ya sudah, kita buat album gitu,” ungkap Jason Ranti.

“Saya tidak merencanakan buat album, saya hanya merencanakan untuk kabur saja dari keseharian saya. Akhirnya, terjadi album gitu, tanpa saya rencanakan,” kata Jason Ranti melanjutkan.

Baca juga: Kadang Jakarta Jadi Ungu, Jason Ranti Cerita soal Jakarta Terkini

Dalam pembuatan Jalan Ninja, pria kelahiran Oktober 1984 itu dibantu Dadang Pranoto, Vandelis, Lita, Mas Gun, Farel, Farid Stevy, Bagus Dwi Danto, Endah N Rhesa, dan Dado Darmawan.

“Saya dikasih gitar. Ini gitarnya, Cetta Gitar namanya, seperti ini dia senarnya. Lantas jadi album tanpa saya rencanakan gitu ya. Jadi seperti sebuah, sebuah jalan, saya bilang Jalan Ninja gitu,” ungkap Jason Ranti.

Kendati demikian, Jason Ranti menyebut bahwa Jalan Ninja menjadi album yang terakhirnya dan bakal membuat karya yang lain.

“Ya mungkin ini album terakhir saya, saya enggak tahu kenapa, mungkin besok-besok saya akan buat hal yang lain lagi. Seperti apa ya? Seperti Giring Nidji mungkin, masuk ke politik atau apa, saya enggak tahu. Tapi pada intinya, ini saja, semoga barokah,” tutur Jason Ranti.

Baca juga: Ketika Jason Ranti Bicara Karya sampai Bocoran Album Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com