Kompas.com - 23/06/2021, 13:59 WIB
Jason Ranti yang sedang berbincang dengan Pimpinan Redaksi Kompas.com, Wisnu Nugroho YouTube Kompas.comJason Ranti yang sedang berbincang dengan Pimpinan Redaksi Kompas.com, Wisnu Nugroho

JAKARTA, KOMPAS.com - Tepat di hari ulang tahun Ibu Kota Jakarta ke-494 pada 22 Juni 2021 kemarin, penyanyi Jason Ranti merilis single teranyar "Kadang Jakarta Jadi Ungu".

Dalam musik video yang sudah rilis di kanal YouTube Departemen Penerangan Jason Ranti menampilkan segala aktivitas masyarakat Jakarta mulai dari perkotaan hingga perkampungan.

Di perkotaan, jalanan dipenuhi dengan berbagai macam transportasi, mulai dari umum sampai kendaraan pribadi.

Untuk yang berjalan kaki dan naik transportasi umum, mereka sibuk dengan dunia sendiri seperti mendengarkan musik demi melepas penat dengan hiruk pikuk perkantoran.

Di pinggir perkotaan, ada sejumlah masyarakat yang mengais rezeki seperti berdagang untuk menghidupi kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Ketika Jason Ranti Bicara Karya sampai Bocoran Album Baru

Sementara di sudut perkampungan, video musik itu memperlihatkan masyarakat yang sedang berkegiatan secara kelompok, seperti bercengkrama dan aktivitas di pinggir rel kereta api.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menuju akhir video musik, diperlihatkan musibah yang kerap melanda Jakarta, yakni banjir.

Tidak dapat ditampik bahwa sudut perkampungan tersebut memperlihatkan kemiskinan di Jakarta.

"Selamat ditipu" dan "DP 0%" merupakan animasi kertas yang terlihat di akhir-akhir musik video "Kadang Jakarta Jadi Ungu".

Baca juga: Jason Ranti: Gue Buat Karya Apa yang Gue Suka dan Yakini

Musik video yang digarap oleh Jinpanji bersama Killwon dan Rino Aditia itu juga memperlihatkan Jason Ranti menjadi raksasa yang seolah-olah menggambarkannya sedang bercerita bagaimana kondisi Jakarta terkini.

Tampilan semakin menarik karena musik video "Kadang Jakarta Jadi Ungu" tersebut dengan berbagai animasi kertas.

Dalam keterangan deskripsi kanal YouTube Departemen Penerangan Jason Ranti, tertulis bahwa Jason Ranti menyampaikan ucapan duka atas meninggalnya vokalis Steven & Coconut Treez.

"RIP Tepeng, semoga keluarga dan rekan-rekan diberi kekuatan untuk segera stabil segera," bunyi keterangan deskripsi video musik tersebut, dikutip Kompas.com, Rabu (23/6/2021).

Baca juga: Jason Ranti: Waktu Terbaik Menciptakan Lagu Ketika di Atas Motor


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X