Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dewa 19 Rayakan HUT Ke-30, Ahmad Dhani Luncurkan Karaoke Berbasis Aplikasi

Kompas.com - 18/03/2022, 20:37 WIB
Ady Prawira Riandi,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-30 grup band Dewa 19, Ahmad Dhani meluncurkan sebuah aplikasi karaoke berbasis aplikasi.

Aplikasi bernama Dewa 19 Karaoke ini akan memudahkan masyarakat Indonesia untuk berkaraoke tanpa harus pergi ke tempat karaoke.

"Dan karaoke ini dengan handphone bisa memungkinkan semua orang untuk mempunyai karaoke room di rumahnya masing-masing," kata Dhani dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Jumat (18/3/2022).

Baca juga: Ello Gabung, Musik Dewa 19 Bakal Berbeda?

Sebagai langkah promosi awal, Ahmad Dhani mematok harga Rp 35.000 untuk pengguna bisa menggunakan layanan karaoke tersebut selama dua jam.

Dewa 19 Karaoke juga diharapkan menjadi pemecah masalah royalti musik yang selama ini terjadi di Indonesia.

Setiap musisi dan penulis lagu hanya mendapatkan sejumlah uang sebagai royalti dari Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) tanpa pernah mengetahui angka pasti berapa karya mereka yang digunakan.

Baca juga: Once Mekel Bersyukur Dewa 19 Masih Punya Banyak Fans hingga Sekarang

LMKN biasanya menarik rata uang sebesar Rp 12.000 per kamar per hari dari setiap rumah karaoke di seluruh Indonesia.

Uang yang terkumpul nantinya dibagikan ke setiap musisi dan label rekaman tanpa kejelasan angka lebih jauh.

Lewat aplikasi Dewa 19 Karaoke, Ahmad Dhani menawarkan sebuah solusi transparansi data dari dunia karaoke yang kabarnya menyumbang 60 persen pendapatan dari keseluruhan royalti dari berbagai sumber.

Baca juga: Once Mekel Tanggapi soal Ello yang Bergabung ke Dewa 19

"Nah, dengan aplikasi Dewa 19 Karaoke ini itu siapapun tidak hanya LMKN, pencipta lagunya pun, bisa mengakses melalui dashboard dari aplikasinya," ujar suami Mulan Jameela tersebut.

Ahmad Dhani juga membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin membuka gerai karaoke untuk menggunakan aplikasinya yang lebih mudah dan sederhana.

Aplikasi Dewa 19 Karaoke ini baru akan mulai bisa di-download mulai pekan depan di Google Play Store sebelum disusul di AppStore setelah Lebaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com