Kompas.com - 21/01/2022, 18:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Happy Salma tak bisa menutupi rasa bangganya ketika film Nana (Before, Now, and Then) masuk dalam Berlinale Film Festival.

Ini akan menjadi sejarah tersendiri karena film garapan sutradara Kamila Andini tersebut semua dialognya menggunakan bahasa Sunda.

"Di dalam sejarah kita film berbahasa Sunda ada di tahun 1928, film  Lutung Kasarung dan dibuat oleh Belanda," kata Happy saat ditemui di Jakarta Selatan, Jumat (21/1/2022).

Baca juga: Meski Asal Sukabumi, Happy Salma Kesulitan Dihadapkan Dialog Sunda di Film Nana (Before, Now, and Then)

"Jadi, setelah 1928 baru sekarang ini ada film full berbahasa Sunda, biasanya kalau Jawa kan banyak, kalau Sunda baru pertama kali," sambungnya.

Keberangkatan Nana (Before, Now, and Then) sekaligus menjadi sebuah bukti bahwa bahasa bukan menjadi sebuah halangan dalam berkarya.

"Itu statement penting bahwa kebinekaan kita, kita jangan khawatir, semua sineas bisa menggunakan semua bahasa daerah," ujarnya.

Baca juga: Film Baru Kamila Andini Masuk Seleksi Berlinale

Dalam film ini, Happy Salma berperan sebagai Nana.

Ia akan beradu akting dengan Laura Basuki, Ibnu Jamil, dan Arawinda Kirana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.