Kompas.com - 21/01/2022, 09:01 WIB
Cuplikan film The Wolf of Wall Street (2013) Paramount PicturesCuplikan film The Wolf of Wall Street (2013)

KOMPAS.com – Dunia keuangan selalu memiliki kisah tentang untung rugi, mewujudkan harapan, hingga malapetaka dalam dunia usaha. Untuk itu, film tentang skandal kecurangan finansial selalu menarik buat diikuti.

Tak cuma menggambarkan ketangkasan para profesional di dunia keuangan atau keberanian dalam mengambil risiko, film-film dengan tema ini juga menyibak sifat serakah yang dimiliki manusia.

Selain menjadi pengingat bagi para profesional untuk tidak salah jalan, film bertema kecurangan finansial juga mengingatkan orang awam untuk selalu berhati-hati atau waspada terhadap segala bentuk kecurangan finansial.

Dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber, berikut adalah empat film tentang skandal kecurangan dalam dunia finansial yang patut ditonton.

1. The Laundromat (2019)

Film drama-komedi ini disutradarai Steven Soderbergh berdasarkan buku Secrecy World karya Jake Bernstein yang menceritakan skandal Panama Papers.

Baca juga: Apa Itu Pandora Papers dan Bedanya dengan Panama Papers?

Dengan teknik bercerita breaking the fourth wall, pelaku utama skandal ini, yaitu Jürgen Mossack dan Ramón Fonseca, menjelaskan konsep pencucian uang dan cara orang kaya menghindari pajak kepada penonton secara jenaka.

Lantas, mereka juga menarasikan tiga kisah orang-orang yang terdampak ulah perusahaan Mossack Fonseca sebagai analogi jahatnya kecurangan dunia finansial.

Salah satunya adalah kisah seorang istri yang hendak mengklaim asuransi atas kematian suaminya. Namun, dia tidak bisa mencairkannya karena perusahaan asuransi itu telah dijual ke perusahaan lain yang berada di bawah korporasi Mossack, alias hanya eksis di atas kertas.

The Laundromat berupaya mengingatkan penonton bahwa praktik korupsi dan pencucian uang menggunakan perusahaan cangkang masih terjadi dan mengajak penonton untuk mengampanyekan reformasi keuangan.

Anthony O Scott dari The New York Times, Rabu (3/10/2019), memuji pemeran utama film ini yang membuatnya tampak hidup dan berhasil dalam memainkan perumpamaan pengkhianatan dan penipuan.

Baca juga: 4 Rekomendasi Drakor yang Bikin Melek Investasi

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.