Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Cerita Ben & Jody Dituding Menjiplak, Angga Sasongko Bereaksi

Kompas.com - 20/01/2022, 09:27 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Angga Sasongko sempat bersitegang dengan seorang warganet pengguna akun Twitter @dokQ pada Rabu (19/1/2022).

Ketegangan muncul usai pengguna akun @dokQ menuding cerita di film Ben & Jody garapan Angga Sasongko sama dengan ide ceritanya yang pernah dia submit di sebuah kompetisi pada tahun 2016.

"Bajinguk, ide cerita gua di kompetisi tahun 2016 dulu beneran diambil," tulis akun @dokQ.

Twit tersebut lantas ditanggapi oleh Angga Sasongko melalui fitur quote tweet.

Baca juga: Chicco Jerikho Kenang Ditolak Casting Angga Sasongko di Film Cahaya dari Timur

Sutradara Ben & Jody waralaba Filosopi Kopi itu mengajak warganet tersebut bertemu dan membuktikan dengan data bahwa ide cerita film terbaru yang dia garap bukan hasil curian.

Angga Sasongko tidak terima ketika filmnya yang bahkan belum tayang secara resmi di bioskop dituding demikian.

"Saya bisa anda hubungi di angga@filosofikopi.id - filmnya belum rilis dan anda tonton, tapi sudah klaim bahwa ide anda kami ambil," tulis Angga dikutip Kompas.com dari Twitter @anggasasongko, Kamis (20/1/2022).

"Saya siap duduk bersama dan buka2an data untuk cocokan di mana kesamaannya. Tapi saya jg ga terima tuduhan macam ini ada sebelum filmnya ditonton," sambungnya.

Baca juga: Awal Mula Jadi Pembuat Film, Gina S Noer Kerja Sama dengan Angga Sasongko

Klarifikasi dan Pengakuan

Rupanya tak butuh waktu lama bagi Angga Sasongko dan pengguna akun @dokQ tersebut untuk bisa berkomunikasi dan meluruskan tudingan terhadap film Ben & Jody.

"Saya sdh berkomunikasi dengan @dokQ dan saling mengklarifikasi serta menjelaskan perspektif masing2. Berikut adalah pernyataan @dokQ dan menurut saya sudah cukup," tulis Angga Sasongko.

Dari komunikasi tersebut, ditemukan fakta bahwa ide cerita Angga dengan pengguna akun @dokQ rupanya berbeda.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh @dokQ itu melalui twitnya.

Baca juga: Keliek Wicaksono Meninggal, Angga Sasongko: Perfilman Indonesia Kehilangan Salah Satu Kreator Terbaik

"Halo semuanya, saya sudah berkomunikasi dengan mas @anggasasongko dan mas Angga sudah menjelaskan dengan baik jalan cerita Ben Jody. Melalui tweet ini saya mau klarifikasi kalau jalan ceritanya SAMA SEKALI BERBEDA dengan ide saya," tulis akun @dokQ.

"Proses awal didapatkannya cerita Ben Jody oleh mas @anggasasongko juga BERBEDA dengan yang saya alami. Oleh karena itu, melalui tweet ini saya mau klarifikasi kalau mas Angga dan Visinema TIDAK MENGAMBIL/MENCURI ide saya di tahun 2016," sambungnya.

Warganet itu juga mengakui bahwa ketegangan ini muncul akibat ulahnya yang keliru melihat ide film Ben & Jody sebagai hasil curian.

"Tweet awal saya itu bermula dari KESALAHAN saya melihat kesamaan ide dengan cerita pada potingan artikel, yang ternyata setelah dijelaskan oleh mas @anggasasongko, cerita Ben Jody sangka BERBEDA dan tidak ada KEMIRIPAN," tulis dia.

Baca juga: Angga Sasongko Pertanyakan Skema Kartu Prakerja untuk Insan Kreatif dan Seniman

Adapun film Ben & Jody garapan sutradara Angga Dwimas Sasongko akan tayang dibioskop pada 27 Januari 2021.

Ben & Jody kembali kembali menghadirkan duet Chicco Jerikho dan Rio Dewanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com