Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2022, 07:25 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Aktris Luna Maya akui tak pusingkan lagi kapan harus menikah hanya karena takut dikejar umur.

Ini karena Luna telah mempersiapkan dengan matang masa depannya sebagai seorang wanita yang memiliki batasan usia biologis.

Luna mengaku telah melakukan egg freezing atau mature oocyte cryopreservation.

"Aku tuh enggak pernah berpikir umur satu masalah, kayak dikejar umur," ucapnya dikutip dari YouTube Venna Melinda Channel.

"Ya mungkin sebagai perempuan ada biological ticking secara kalau ingin menjadi seorang ibu. Tapi aku udah freeze egg," lanjutnya.

Baca juga: Tak Kunjung Menikah, Luna Maya Dulu Sempat Salahkan Diri Sendiri

Pemikiran untuk melakukan egg freezing sebenarnya sudah ada sejak empat tahun lalu, tapi baru direalisasikan Luna tahun lalu.

"Aku sebenarnya udah pengin dari empat tahun lalu, cuma baru kesampaian tahun lalu karena ternyata di Indonesia ada," tutur Luna.

Dikutip dari Mayo Clinic, freeze egg adalah metode yang digunakan untuk menyelamatkan kemampuan wanita untuk hamil di masa depan.

Telur yang diambil dari ovarium akan dibekukan tanpa dibuahi dan disimpan untuk digunakan nanti.

Baca juga: Luna Maya Akui Dulu Sempat Simpan Rasa Marah pada Ariel NOAH

Telur beku dapat dicairkan, dikombinasikan dengan sperma di laboratorium dan ditanamkan di rahim pemiliknya.

Oleh karena itu, dengan adanya teknologi ditambah gaya hidupnya seperti sekarang, Luna tak lagi merasa terbebani harus cepat menikah karena alasan tersebut.

"Aku rasa aku cukup sehat untuk seusia aku, dan aku masih punya energi itu. Dan entah kenapa aku ngerasa aku enggak terbebani oleh usia, enggak tahu kenapa," ujar Luna.

"Kalau ditanya pengin nikah, pengin punya anak, iya pengin, pengin banget. Tapi untuk itu tidak terjadi sama aku sekarang, aku tidak apa-apa juga," imbuhnya.

Baca juga: Gagal ke LA, Luna Maya Nobar Konser BTS secara Online

Diakui Luna, dalam setiap fase kehidupan yang dilaluinya sampai saat ini, ada keinginan yang terus berkembang terkait pemikiran soal pernikahan.

"Mungkin di usia 20-an idealnya seorang perempuan adalah menikah, memiliki anak, memiliki pasangan, kayak fairy tale, fairy tale banget, aku cita-citaku pokoknya umur 23 aku menikah. Itu pemikiran pertama," ungkap Luna.

"Ternyata lewat, 30-34 (tahun) itu penginnya minta ampun, at that time sama pasangan waktu itu bertanya kapan, tapi ternyata udah enggak (putus)," sambungnya.

Namun di usianya saat ini dan dengan waktu yang dihabiskan untuk lebih mengenal dirinya sendiri, Luna merasa lebih sulit untuk bisa membuatnya jatuh cinta.

"Sebenarnya lebih sulit buat aku jatuh cinta sekarang, susah banget. Karena terlalu cinta sama diri sendiri," ujar Luna.

"Kayak ada sesuatu hal kayak 'kalau lu cuma ngeribetin hidup gue, mendingan enggak usah. Jangan lu datang ke gue kalau cuma mau ribetin hidup gue,' kita harus saling membuat diri kita baik," lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com