Kompas.com - 28/12/2021, 13:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jenuh dan jengah akan pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai menjadi alasan utama mengapa film Teka-Teki Tika diciptakan sutradara Ernest Prakasa.

Sejak awal pandemi, Ernest mengaku tak ingin berkarya dulu sambil menunggu situasi dan kondisi membaik.

"Jadi, ceritanya tuh ketika awal-awal pandemi itu gue belum berdamai dengan pandemi. Gue masih mindset-nya tuh, 'gue enggak mau produktif ah, mau ntar aja kalau keadaan sudah normal'," kata Ernest seperti dikutip Kompas.com dari YouTube Daniel Mananta Network, Selasa (28/12/2021).

Enam bulan kemudian, Ernest Prakasa tersadar bahwa pandemi Covid-19 ini tak akan usai dengan cepat.

Baca juga: Ernest Prakasa Bicara Industri Film, Deja Vu, dan Alasan Perilisan Teka-Teki Tika

Oleh sebab itu, ia pun akhirnya mulai kembali menulis naskah skenario dan mencoba beradaptasi dengan segala keterbatasan.

"Gue coba nulis lagi, kembali ke skenario, gue merasa stuck banget. Akhirnya, mungkin secara psikologis, ini analisis gue sendiri, mungkin karena kita begitu banyak tidak berdayanya gue pengin break free. Salah satu manifestasinya adalah break free dari pola script yang gue bikin," papar suami Meira Anastasia ini.

Ernest Prakasa akhirnya menulis ide Teka-Teki Tika yang sangat jauh berbeda dari lima film sebelumnya.

Memadukan unsur thriller dan misteri, Teka-Teki Tika akhirnya menjadi ide cerita yang dimatangkan Ernest untuk kemudian disodorkan ke produser Starvision, Chand Parwez.

Baca juga: Teka-Teki Tika Dirilis, Ernest Prakasa Rasakan Deja Vu

"Ketika gue mulai eksplorasi keluar dari komedi kok gue nemu ide dan igniting excitement dan itu ternyata ide Teka-Teki Tika tapi itu yang bikin gue semangat nulis lagi," serunya.

Meski jauh berbeda dari film-film sebelumnya, Ernest Prakasa tetap berusaha untuk keluar dari zona nyamannya di dunia perfilman.

Ayah dua anak ini sudah sangat siap dengan berbagai komentar para penonton yang sudah menantikan karya terbarunya.

"Dan memang sangat berbeda sekali dengan film-film yang sudah tapi why not lah dicoba aja," tutupnya.

Baca juga: Ernest Prakasa Ungkap Alasan Starvision Berani Rilis Teka-Teki Tika di Tengah Pandemi

Teka-Teki Tika sudah bisa dinikmati di bioskop sejak 23 Desember 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.