Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melanie Subono Cerita Operasi Pengangkatan Rahim dan Imbauan ke Semua Perempuan

Kompas.com - 03/11/2021, 08:20 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi sekaligus aktivis Melanie Subono baru saja menjalani operasi pengangkatan rahim dan ovarium akibat tumor yang diidapnya sejak lama.

Padahal, Melanie sudah berupaya sedari dulu dengan beberapa kali menjalani operasi —salah satunya miom atau uterine fibroid— agar tumor yang ada di dalam rahim tidak melebar.

Namun, suatu hari saat Subuh, Melanie merasakan kesakitan karena perutnya seperti ditendang-tendang orang banyak.

Hal itu yang membuatnya bergegas ke rumah sakit untuk mengecek kesehatan pertama sejak pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia.

Setelah menjalani pengecekan, tumor yang ada di dalam tubuhnya tumbuh kembali dan ternyata sudah pecah. Alhasil, dia terpaksa menyetujui saran dokter agar menjalani operasi pengangkatan rahim dan ovarium.

Baca juga: Pemicu Awal Melanie Subono Jalani Operasi Pengangkatan Rahim dan Ovarium

"Dalam operasi kelima ini, diangkat semua yang harus dikeluarkan, termasuk uterus dan ovarium sebesar 1,3 kilogram dan panjang 12 centimeter," tulis Melanie dalam keterangan tertulis di akun Instagram-nya.

Sebagai informasi, Melanie merupakan salah satu pasien yang rutin memeriksa kesehatannya. Tetapi, karena pandemi Covid-19 dan takut tertular, dia memutuskan untuk tidak periksa diri dua tahun terakhir.

Pemicu

Sebelum operasi pengangkatan rahim dan ovarium, ternyata Melanie memiliki berbagai macam penyakit yang ia rahasiakan ke hadapan publik sejak lama.

Tanpa menyebutkan nama penyakit, Melanie pertama kali menjalani operasi saat masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

Perempuan kelahiran Oktober 1976 itu hanya menyebut menstruasi yang dialaminya sudah seperti pendarahan hingga berbulan-bulan.

Baca juga: Sebelum Jalani Operasi Pengangkatan Rahim, Melanie Subono Tulis Surat Wasiat

"Pendarahan gue bukan seperti menstruasi lagi. Pendarahan kadang berbulan-bulan, 8 bulan bisa gue (alami pendarahan)," kata Melanie saat ditemui di kediamannya, kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (2/11/2021).

Bukan hanya menstruasi yang sudah membuat dia pendarahan tidak berkesudahan, Melanie juga migrain yang hampir setiap bangun tidur selalu dirasakannya.

Terlebih, pelantun "Time Alone with You" itu juga beberapa kali menjalani operasi seperti tumor, kista, maupun miom.

Bagi Melanie, operasi sudah dianggap sebagai suatu hal yang biasa. Sebab, sudah tidak terhitung berapa kali menjalaninya.

Sudah tidak punya anak

Kini, Melanie harus menelan pil pahit karena dampak dari operasi pengangkatan rahim dan ovarium itu adalah sudah tidak bisa memiliki anak meskipun itu program bayi tabung.

Baca juga: Melanie Subono Imbau Semua Perempuan Rutin Periksa Kesehatan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com