Kompas.com - 28/10/2021, 20:49 WIB
Penyanyi Glenn Fredly tampil di Yamaha Music Project Tribute to Michael Jackson pada hari pertama Java Jazz Festival 2015 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (6/3/2015). Java Jazz Festival 2015 yang berlangsung hingga Minggu (8/3/2015) menampilkan artis dari dalam dan luar negeri. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO KRISTIANTO PURNOMOPenyanyi Glenn Fredly tampil di Yamaha Music Project Tribute to Michael Jackson pada hari pertama Java Jazz Festival 2015 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (6/3/2015). Java Jazz Festival 2015 yang berlangsung hingga Minggu (8/3/2015) menampilkan artis dari dalam dan luar negeri. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyakit meningitis membuat kondisi musisi Glenn Fredly menurun sejak awal April 2020.

Pagi, 8 April 2020, Glenn Fredly ditemani istrinya, Mutia Ayu di kamar perawatan.

Mutia Ayu menuturkan, Glenn pagi itu sebenarnya meminta untuk mandi, tetapi tak lama setelahnya ia kejang. Dokter tidak memperbolehkan Glenn mandi karena bahaya.

"Jam 12 (siang) sebenarnya aku sudah sadar bahwa Glenn sudah enggak ada," ujar Mutia Ayu, dikutip dari kanal YouTube Daniel Mananta Network, Kamis (28/10/2021).

Baca juga: Kisah Foto Pertama dan Terakhir Glenn Fredly Bareng Gewa

Memeriksa kesadaran Glenn, Mutia pun mencubit kulit dekat tulang selangkangan Glenn, sebagaimana bagian itu disebut paling sensitif. Namun tidak ada respons dari Glenn.

Mutia mencoba cara lain, yakni mengucapkan nama anak mereka, Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pas aku bisikin nama anaknya secara lengkap baru bangun. Dia benar-benar bangun dan langsung ambil napas panjang," ungkap Mutia Ayu.

Glenn tersadar seketika.

Baca juga: Sebelum Berpulang, Glenn Fredly Masih Sempat Menjaili Adik-adiknya

"Aku bilang, 'Bebeh kamu ke mana tadi?', 'Iya aku ke mana ya'. 'Jangan gitu-gitu lagi ya, jangan ke mana-mana lagi, kamu kan punya Gewa, punya aku'," kata Mutia Ayu menuturkan.

Tak hanya sekali cara itu dipakai Mutia Ayu. Ini lantaran detak jantung Glenn tampak turun kembali di monitor.

"Lima kali dia berjuang untuk tetap mungkin hidup ya. Aku lihat monitor, detak jantungnya tinggi ketika aku ucapkan nama Gewa secara lengkap," ucap Mutia Ayu.

Sampai akhirnya Mutia merasa perjuangan Glenn di dunia ini sudah cukup.

Baca juga: Lirik Lagu Never Ever Getting Rid of Me - Christopher Fitzgerald feat. Kimiko Glenn

Ia memanjatkan kalimat pasrah ke Yang Maha Kuasa dan merelakan Glenn untuk pulang ke hadirat Tuhan. Pukul 19.00 WIB, Glenn mengembuskan napas terakhirnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.