Kompas.com - 26/10/2021, 15:26 WIB
Marshanda saat berbincang dengan Maia Estianty seputar terapi yang dijalaninya di Amerika YouTube MAIA ALELDUL TVMarshanda saat berbincang dengan Maia Estianty seputar terapi yang dijalaninya di Amerika

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis Marshanda mengaku selalu ditanya bagaimana caranya bisa melewati hidup dengan penyakit mental yang diidapnya sejak remaja.

Saat berbicang dengan Maia Estianty, Marshanda mengatakan, terapi utama kesehatan mental sebenarnya adalah mendekatkan diri ke Tuhan.

"Aku percaya bahwa Tuhan itu sahabat aku, walaupun aku ngerasa lagi sendiri, tapi aku enggak pernah sendiri. Tuhan selalu menggandeng aku tanpa aku tahu Dia ada di sebelah aku," kata Marshanda, dikutip dari kanal YouTube MAIA ALELDUL TV, Selasa (26/10/2021).

Marshanda menyadari bahwa selama ini, ia menerima banyak pertanyaan tentang caranya survive dari bipolar.

Baca juga: Terapi Ketamin di Amerika, Marshanda Diberi Obat Bius Kuda?

Rupanya, banyak orang yang heran Marshanda bisa tetap menjalani aktivitas yang padat di dunia hiburan dengan kondisi kesehatan mentalnya itu.

"Aku rasa dalam diri aku, aku percaya segala cobaan yang aku miliki itu Tuhan kasih karena memang Tuhan punya rencana yang besar untuk aku," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Justru, kalau aku enggak punya keyakinan itu mungkin aku sudah uring-uringan, berantakan gitu loh. Jadi pesimis," kata Marshanda lagi.

Artis yang akrab dipanggil Caca itu menyebut bahwa menjalin kedekatan dengan Tuhan adalah kunci utama untuk tetap kuat melewati ujian.

Baca juga: Marshanda Lega Dapat Banyak Jawaban Saat Terapi Ketamin

"Aku merasa justru (kedekatan dengan Tuhan) adalah the main (yang utama), koneksi kita dengan Yang di Atas, 'saya dekat dengan Dia'. Selalu kembali ke Tuhan," pungkasnya.

Sebagai informasi, Marshanda telah lama bergumul dengan bipolar disorder sejak remaja.

Selalu mengonsumsi obat antidepresan dan obat tidur, kini Marshanda mulai berusaha mengurangi dosis obatnya.

Namun, untuk menyeimbangkan mood-nya, Marshanda akhirnya memutuskan menjalani sejumlah terapi di Amerika.

Baca juga: Terapi Ketamin di Amerika, Marshanda Diberi Obat Bius Kuda?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.