Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marshanda Lega Dapat Banyak Jawaban Saat Terapi Ketamin

Kompas.com - 26/10/2021, 13:09 WIB
Firda Janati,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis Marshanda lega akhirnya mendapat jawaban atas pertanyaan yang selama ini menggantung dipikirannya.

Marshanda sempat menjalani terapi ketamin untuk mengatasi masalah bipolar yang dialaminya di Amerika Serikat.

Bintang sinetron Bidadari tersebut datang untuk terapi tersebut dua kali dalam seminggu selama dua minggu.

Kemudian, Marshanda mengakui bahwa ia memiliki banyak pengalaman yang belum bisa diselesaikan hingga membuat trauma dalam batinnya.

"Suatu hari di umur 20-an lah aku pernah baca, lagi belajar hipnoterapi. Ada ciri-ciri anak yang ketika lagi di dalam kandungan, orangtuanya tidak menerima dia. Kalau sudah dewasa anak ini akan begini, begini, begini," kata Marshanda, dikutip dari kanal YouTube MAIA ALELDUL TV, Selasa (26/10/2021).

Baca juga: Terapi Ketamin di Amerika, Marshanda Diberi Obat Bius Kuda?

Terlalu khawatir yang berlebihan atau overthinking, Marshanda merasa bisa jadi dia termasuk ke dalam ciri-ciri anak di buku tersebut.

"Semenjak momen itu, aku selalu mempunyai kecurigaan terpendam apakah aku tidak diinginkan oleh ibuku dan aku komunikasi sama Mama," ujar Marshanda.

Marshanda mengatakan, ibunya saat itu membantah apa yang dipikirkannya.

"Mama meyakinkan aku, tapi aku enggak tahu kenapa selalu punya rasa seperti aku tidak diinginkan dan enggak dapat konfirmasinya," kata Marshanda.

Kemudian, Marshanda merasa tenang ketika terapi ketamin karena mendapatkan jawaban yang membuatnya bahagia. Termasuk, perihal kekhawatirannya tersebut.

Baca juga: Marshanda Terbang ke Amerika untuk Jalani Terapi Ketamin

"Pas aku ketamin, tahu enggak sih aku dapat vision seperti aku berada balik di janin ibu kita. Aku merasa hari itu joyfull, dunia welcoming aku. Aku lahir, kedua orangtua aku bahagia," ujarnya.

Bintang sinetron Orang Ketiga itu akhirnya menyadari bahwa selama ini dirinya terlalu mengkhawatirkan sesuatu secara berlebihan.

Ditambah lagi, dengan adanya konflik yang membuat pikiran Marshanda semakin dipenuhi kecurigaan.

"Mungkin aku overthinking, campur mungkin pernah ada konflik jadi membuat aku merasa 'tuh kan, mungkin bener kali'," tutur Marshanda.

Diketahui, terapi ketamin adalah salah satu terapi yang dilakukan Marshanda di Amerika.

Marshanda mengambil beberapa jenis terapi karena ia mulai mengurangi dosis obat bipolarnya.

Baca juga: Peringati Hari Kesehatan Mental Sedunia, Marshanda: Terima Saja Bahwa Kita Manusia dan Tidak Harus Selalu Bahagia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com