Kompas.com - 25/10/2021, 07:54 WIB
Dalam foto yang diambil pada 12 April 2019, aktor Alec Baldwin menghadiri ulang tahun Exploring Arts di  Hammerstein Ballroom di New York City.  Alec Baldwin menembakkan senjata api untuk syuting film Rust di New Mexico, Kamis (21/10/2021). Kejadian itu menewaskan seorang sinematografer dan melukai sutradara. AFP/ANGELA WEISSDalam foto yang diambil pada 12 April 2019, aktor Alec Baldwin menghadiri ulang tahun Exploring Arts di Hammerstein Ballroom di New York City. Alec Baldwin menembakkan senjata api untuk syuting film Rust di New Mexico, Kamis (21/10/2021). Kejadian itu menewaskan seorang sinematografer dan melukai sutradara.

KOMPAS.com - Sebuah petisi muncul di media sosial mengenai pelarangan menggunakan senjata api saat syuting.

Petisi ini merupakan buntut dari penembakan yang tidak sengaja aktor Alec Baldwin terhadap seorang kru film Rust sampai tewas.

Peluru dari senjata yang dianggap aman itu melukai sutradara Joel Souza dan menewaskan direktur fotografi Halyna Hutchins.

Oleh karena itu, aktor Xander Berkeley menyerukan agar masyarakat menandatangani petisi tersebut, sehingga industri film tidak lagi menggunakan senjata api sungguhan saat proses produksi.

"Sebelum Rust, dia membuat tiga film layar lebar. Tapi, ini akan menjadi film yang bakal menempatkannya di peta Hollywood sebagai sinematografi wanita berbakat yang bekerja dengan selebriti papan atas," kata Berkeley tentang Hutchins.

Baca juga: Alec Baldwin Tak Sengaja Tembak Kru Film Sampai Meninggal

Berkeley menegaskan, masyarakat bisa ambil peran untuk memastikan bahwa tragedi tersebut tidak akan pernah terjadi lagi ketika senjata api sungguhan tidak digunakan saat syuting.

"Senjata asli tidak lagi diperlukan di set produksi film. Ini bukan awal 90-an, ketika Brandon Lee dibunuh dengan cara yang sama. Perubahan perlu terjadi sebelum nyawa lain hilang," tegas Berkeley.

Pemeran film Terminator 2 itu juga meminta Alec Baldwin untuk menggunakan pengaruhnya di Hollywood agar menyerukan hal tersebut.

Dilansir dari NME, Senin (25/10/2021), lebih dari 19.000 orang telah menandatangani petisi tersebut.

Sementara, selebriti seperti Sarah Paulson, Olivia Wilde, hingga Lena Dunham telah membagikan petisi tersebut di media sosial mereka.

Baca juga: Tak Sengaja Tembak Kru Film Sampai Tewas, Alec Baldwin Tulis Pesan Ini

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber NME
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.