Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Idap Kanker Usus Stadium 4, Pelawak Nurul Qomar Sulit BAB Selama Sebulan

Kompas.com - 29/09/2021, 18:32 WIB
Vincentius Mario,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelawak yang tergabung dalam grup Empat Sekawan, Nurul Qomar, kini sedang dalam masa pemulihan usai divonis kanker usus stadium 4C.

Selama sakitnya, Qomar mengaku sempat sulit BAB (buang air besar) selama sebulan.

"Satu waktu selama satu bulan itu tidak bisa buang air besar dan tidak bisa buang gas," kata Qomar saat ditemui wartawan di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Baca juga: Kanker Usus Stadium 4, Nurul Qomar Jalani Kemoterapi Selama 6 Bulan

Kanker tersebut telah menggerogoti saluran pencernaan Qomar hingga BAB-nya terganggu.

"Operasi cukup besar, dokter ahli memvonis kanker ganas ada di pencernaan usus besar dan usus halus dan stadium empat C. Jadi pencernaannya diubah tidak di anus BAB-nya, pinggang sini, dibuatkan lubang stoma," ucap Qomar.

Sebagai informasi, stoma adalah lubang buatan di dinding perut yang menjadi saluran keluar tinja dari usus langsung ke dinding perut.

Qomar pun diharuskan menjalani terapi penyembuhan kemoterapi selama 6 bulan ke depan.

Baca juga: Pelawak Nurul Qomar Divonis Kanker Usus Stadium 4

"Bro and Sis, hari ini hari pertama Abah Qomar di kemoterapi 2 minggu sekali selama 6 bulan ke depan. Proses yang mesti dijalani. Setiap orang ada guru, setiap tempat adalah sekolah," tutur Qomar dikutip dari akun @abah.qomar, Rabu (29/9/2021).

"Ini bagian dari sekolah kehidupan yang harus dilalui. Kita usaha semua keluarga teman adalah kekuatan kita. Semoga proses ini mendapat ridho, sehat, panjang umur," lanjutnya

Kini, kondisi Qomar sudah berangsur membaik setelah menjalani perawatan di rumah sakit.

Baca juga: [POPULER NUSANTARA] Pemalsuan Dokumen, Pelawak Qomar Dipenjara | Polisi Minta Rp 1 Juta Saat Tilang Turis Jepang

Qomar berharap bjsa sehat kembali dan punya umur yang panjang.

"Abah akan menjalani terapi kemoterapi pertama melawan kanker ganas stadium 4. Semoga kita semua diberikan berkah kesehatan dan umur panjang oleh NYA. Allahuma Aaamiiin. INGAT PESAN ABAH," tulis Qomar di keterangan unggahan Instagram.

Sebagai informasi, di dunia hiburan, Qomar bersama Derry, Eman, dan Ginanjar membentuk grup pelawak yang bernama Empat Sekawan yang dikenal melalui komedi situasi Lika-Liku Laki-Laki.

Baca juga: Profil Nurul Qomar, Pelawak yang Terlibat Kasus Pemalsuan Dokumen S2 dan S3

Sepanjang kariernya, Qomar pernah terlibat di dalam beberapa film, yakni Sajadah Ka'bah, Perfect Dream, dan Benyamin Biang Kerok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com