Kompas.com - 27/09/2021, 16:00 WIB
Vokalis band Base Jam Sigit Wardana Vokalis band Base Jam Sigit Wardana

JAKARTA, KOMPAS.com - Vokalis band Base Jam, Sigit Wardana, berbicara soal relevansi label rekaman di industri musik saat ini.

Tak dimungkiri, peran label kini mulai tergerus karena setiap orang bisa menghasilkan karya secara mandiri dengan kemajuan teknologi.

Menurut Sigit sendiri, para musisi kini bisa lebih leluasa dengan pilihan apakah ingin menempuh jalur indie atau bergabung dengan label rekaman.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Cinta Pertama - Sigit Wardana

"Sebenarnya tegantung si musisinya atau si artisnya, dia butuh apa enggak? Masih ada artis-artis yang butuh label karena mereka perlu tim untuk promosi, produksi, atau apalah," kata Sigit seperti dikutip Kompas.com dari YouTube Abdel Achrian, Senin (27/9/2021).

Label rekaman masih menawarkan kemudahan bagi setiap musisi untuk memproduksi dan mempromosikan sebuah karya.

Namun jika musisi tersebut sudah merasa mampu mengurus semua persoalan dari produksi hingga promosi secara mandiri, maka label rekaman sudah tak dibutuhkan lagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Rilis Lagu Salah Suka, Base Jam Pilih Konsep Video Klip Animasi

Walaupun demikian, Sigit Wardana merasa label rekaman tetap dibutuhkan oleh musisi yang mengambil jalur indie.

"Kalau indie label yang diperluin selain musik dan produksi, tim juga tetap harus punya. Seorang musisi atau satu band enggak bisa di-handle semua sama mereka, harus tetap ada orang yang ngurusin sih," kata Sigit.

Sigit Wardana sendiri saat ini menyibukkan dirinya untuk membantu label rekamannya.

Di tengah pandemi yang memutus konser-konser dan acara-acara musik, Sigit memilih fokus untuk mengurus label rekaman yang berkantor di Tebet, Jakarta Selatan, tersebut.

Baca juga: Base Jam Rilis Lagu Salah Suka yang Sudah Tercipta dari 2009

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.