Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buat Terharu, Azka Sempat Tanyakan Hal Ini Saat Deddy Corbuzier Kritis

Kompas.com - 25/08/2021, 06:26 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Sempat berada dalam kondisi kritis karena mengalami badai sitokin, Deddy Corbuzier ceritakan apa yang sempat dikhawatirkan putranya, Azka Corbuzier saat itu.

Bukan hanya tentang kekhawatiran akan kemungkinan kehilangan sang ayah, tapi juga tentang bagaimana meneruskan perbuatan baik ayahnya selama ini.

Karena selain soal tanggung jawab terhadap karyawan ayahnya, Azka juga memikirkan cara meneruskan tindakan Deddy yang sering membantu orang kesusahan.

"Kamu pernah bilang berapa banyak orang yang kamu bantu setiap harinya kan, ada berapa orang yang kerja untukmu, mungkin sekitar 20 orang kan, dan aku tidak tahu bagaimana membayar mereka semua," kata Azka dikutip dari podcast Deddy Corbuzier.

"Kamu membantu banyak orang, aku tidak bisa meninggalkan mereka begitu saja, kan?" lanjut Azka.

Baca juga: Berkat Rutin Olahraga, Deddy Corbuzier Lewati Masa Kritis Akibat Covid-19

Mendengar kekhawatiran Azka, Deddy menarik napas dan akhirnya mengungkap fakta yang tak diketahui orang lain selain Azka.

Diam-diam selama ini ternyata hampir setiap minggu, Deddy membantu orang lain yang membutuhkan, siapapun orangnya, sekalipun orang yang tak dikenalnya, dan hal itu hanya diceritakan Deddy pada Azka.

Dengan harapan, Azka bisa belajar dan meneruskan hal baik itu kelak, bahwa hidup seseorang harus bisa memberi manfaat untuk orang lain.

"Saya selalu kasih lihat Azka, look at this," kata Deddy.

Baca juga: Rela Covidkan Diri Saat Deddy Corbuzier Kritis, Azka: Kita Bisa Mati Bersama

"Papa ngajarin kamu Azka, kamu harus seperti ini, harus seperti itu, harus jadi orang yang berguna, enggak boleh hidup cuma hidup doang, harus jadi orang yang bisa bantu orang lain," lanjut Deddy.

Mengenai tindakan Deddy yang sering membantu orang tak dikenal itu, Azka mengaku terkadang tak bisa memahaminya.

Namun dia yakin, apapun yang dilakukan ayahnya itu adalah hal yang benar, karena itu dia juga ingin melakukan hal serupa.

Baca juga: Sempat Alami Badai Sitokin, Deddy Corbuzier Sedih Ingat Pengorbanan Azka Ingin Covidkan Diri

"Jujur kadang aku enggak ngerti, terkadang kamu melakukan sesuatu untuk menolong orang yang kamu bahkan tidak kenal, yang papa enggak tahu. Kenapa kamu lakukan itu? membingungkan," ujar Azka.

"Tapi karena kamu melakukannya, aku bilang 'well, jika kamu melakukannya, itu pasti benar, jadi aku ingin membantu orang juga,'" sambung Azka.

Tersenyum mendapat pertanyaan dari putranya yang penasaran alasannya membantu orang lain, Deddy hanya berkata singkat.

"Jawabannya sangat sederhana, karena kita bisa. Itu saja. Karena kita bisa ya kita bantu, kalau kita enggak bisa ya kita enggak bantu," jawab Deddy.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com