Kompas.com - 29/07/2021, 08:16 WIB
Meghan Markle dan Pangeran Harry menyambut kelahiran anak kedua mereka, Lilibet Diana Mountbatten-Windsor, Jumat (4/6/2021). SHUTTERSTOCK/MR PICKMeghan Markle dan Pangeran Harry menyambut kelahiran anak kedua mereka, Lilibet Diana Mountbatten-Windsor, Jumat (4/6/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com- Lilibet Diana, putri dari Pangeran Harry dan Meghan Markle, akhirnya secara resmi ditambahkan dalam daftar ahli waris kerajaan.

Hal ini dilakukan tujuh minggu setelah kelahirannya di Santa Barbara Cottage Hospital, California, cukup lama jika dibanding Archie yang ditambahkan dalam daftar tersebut hanya dua minggu sejak kelahirannya pada tahun 2019.

Baru ditambahkannya nama Lilibet tujuh minggu setelah kelahirannya sempat menjadi perbincangan.

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Markle Disebut Ingin Membaptis Lilibet Diana di Kastil Windsor

Namun, akhirnya pembaruan di situs web resmi Royal.UK menunjukkan nama Lilibet sebagai ahli waris kedelapan dalam antrean takhta kerajaan Inggris.

Posisi Lilibet berada tepat di belakang kakaknya, Archie, dan dua di belakang ayahnya, Harry, yang saat ini menempati posisi keenam antrean penerus takhta Ratu Elizabeth.

Nama Meghan Markle sama seperti Kate Middleton serta pasangan kerajaan lain, tidak tercantum di sana karena mereka bukan keturunan kerajaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Nama Anak Kedua Pangeran Harry dan Meghan Markle Hilang dari Daftar Penerus Kerajaan

Dasar hukum untuk garis penerus ini berasal dari abad ke-17 dan masa pemerintahan William III (atau dikenal sebagai William of Orange).

Hukum tersebut terakhir diubah pada tahun 2013 untuk mengakhiri sistem anak sulung laki-laki, yang secara otomatis menempatkan ahli waris laki-laki di atas saudara perempuan mereka dalam garis penerus.

Pada saat yang sama, amandemen tersebut juga menghapus aturan bersejarah bahwa seorang bangsawan tidak dapat mempertahankan posisi mereka dalam daftar jika mereka menikah dengan seorang Katolik Roma.

Dengan demikian, posisi Lilibet dalam daftar tidak ditentukan berdasarkan dia putri Harry dan Meghan, kelak posisinya bisa tergelincir lebih jauh ke garis penerus, jika di masa depan, salah satu dari anak-anak William dan Kate menjadi orangtua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Sumber People
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.