Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2021, 07:15 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Niat Aurel Hermansyah ingin memperlihatkan bunga pemberian suaminya, YouTuber Atta Halilintar, malah berujung kritikan dan kehebohan.

Dalam foto yang diunggah, Aurel terlihat tersenyum sambil membawa seikat bunga edelweis di tangannya.

"Selamat pagiii semuaa.. pas kemarin di Bromo di kasih Bunga Edelweiss sama suami.. katanya ini bunga keabadian," tulis Aurel di akun @aurelie.hermansyah.

Diantara banyak komentar pujian serta doa agar cinta Aurel dan Atta abadi seperti makna dari bunga tersebut, terdapat beberapa komentar netizen yang berisi kritikan.

Baca juga: Pesan Krisdayanti kepada Aurel Hermansyah: Pertahankan Pernikahan Selamanya

"Ya allah sayang banget itu bunga di petik," tulis @aluh_lw.

"Bukan nya bunga edelweis di lindungi ya ?? Kok si Atta bisa ngambil edelweis sebanyak itu apakah tidak masalah memetik bunga yang di lindungi ? Mohon pencerahannya," tulis @iamsyaqilaputri.

Jadi apa yang menjadi masalahnya? Memang benar bunga Edelweis yang tumbuh liar di sejumlah gunung di Indonesia itu tidak boleh dipetik.

Sayangnya, banyak pendaki nakal yang memetik bunga Edelweis di gunung.

Akhirnya, peraturan dibuat untuk melindungi kelestarian bunga Edelweis.

Ada Undang-Undang yang melarang memetik bunga Edelweis yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 pasal 33 ayat (1) dan (2) tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem.

Baca juga: Atta Halilintar Terima Permintaan Maaf Pelaku Penghina Ibunya, Asal...

Edelweis atau Anaphalis Javanica, yang masuk dalam jenis tumbuhan yang dilindungi berdasar Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018.

Budidaya Edelweis

Namun, perlu diketahui juga, saat ini bunga edelweis memang ada yang diperjualbelikan secara resmi di Bromo, karena di wilayah tersebut terdapat desa wisata edelweis yang ada di desa Wonokitri.

Terletak di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, desa yang diresmikan tahun 2018 ini tidak hanya menawarkan spot foto diantara hamparan bunga edelweis yang sedang dibudidayakan, tapi pengunjung juga bisa belajar seputar budidaya Edelweis.

Di samping itu, wisatawan juga bisa membeli bunga Edelweis yang jual dalam berbagai bentuk dengan berbagai harga mulai dari Rp 20.000.

Atta Halilintar bisa saja mendapatkan bunga Edelweis dari hasil budidaya tersebut, bukan memetiknya langsung di atas gunung.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Aurelie Hermansyah Atta (@aurelie.hermansyah)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com