Kompas.com - 12/04/2021, 18:41 WIB
Film Nomadland karya sutradara Chloe Zhao IMDbFilm Nomadland karya sutradara Chloe Zhao
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Nomadland karya Chloé Zhao dinobatkan sebagai film terbaik di ajang British Academy Film Awards (BAFTA) 2021.

Film yang dibintangi oleh Frances McDormand itu membawa pulang empat trofi di malam penghargaan yang berlangsung di Royal Albert Hall di London, Minggu (11/4/2021).

Dilansir Deadline, Nomadland sukses menyingkirkan pesaingnya dalam kategori film terbaik, di antaranya The Father, The Mauritanian, Promising Young Woman, dan The Trial of the Chicago 7.

Baca juga: Sinopsis Nomadland, Perjalanan Temukan Kembali Jati Diri

“Terima kasih untuk komunitas yang dengan murah hati menyambut kami dalam kehidupan mereka. Mereka berbagi dengan kami soal impian mereka tentang perjuangan mereka dan rasa martabat mereka yang dalam,” ujar sutradara Nomadland, Chloe Zhao saat memberi sambutan.

“Terima kasih telah menunjukkan kepada kita bahwa menua adalah bagian indah dari hidup, sebuah perjalanan yang harus kita hargai dan rayakan,” lanjut sang sutradara.

Chloé Zhao sendiri dipilih sebagai sutradara terbaik. Dia mengungguli nomine lainnya yakni Thomas Vinterberg, Shannon Murphy, Jasmila Žbani, Sarah Gavron, dan Lee Isaac Chung.

Baca juga: Nomadland Dinobatkan sebagai Best Picture Drama di Golden Globes 2021

Sementara itu, Frances McDormand berhasil meraup gelar aktris terbaik dalam ajang tahunan tersebut menyingkirkan Bukky Bakray, Radha Blank, Vanessa Kirby, Wunmi Mosaku, dan Alfre Woodard.

Penghargaan lain yang diterima oleh Nomadland, adalah sinematografi terbaik bagi Joshua James Richards mengalahkan Judas and the Black Messiah, Mank, The Mauritanian, dan News of the World.

Sedangkan, film Rocks meraih penghargaan kategori EE Rising Star Award dan film Soul meraih trofi film animasi terbaik dan Original Score.

Baca juga: Youn Yuh Jung Jadi Aktris Korea Pertama Dapat Penghargaan BAFTA

Dalam kategori aktor terbaik, Anthony Hopkins mencatatkan namanya atas perannya dalam film The Father.

BAFTA 2021 juga memberikan penghargaan kehormatan kepada Pangeran Philip sebagai presiden pertama BAFTA.

 


Sumber Deadline
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X