Kompas.com - 24/03/2021, 14:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Film drama aksi Kadet 1947 dijadwalkan tayang di bioskop seluruh Indonesia pada tahun ini.

Sutradara serta penulis naskah Rahabi Mandra dan Aldo Swastia berkolaborasi dalam proyek film terbaru mereka berjudul Kadet 1947.

Dijadwalkan rilis tahun ini, film bergenre drama aksi ini mengangkat kisah perjuangan para pemuda dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: 4 Fakta Menarik Film KADET 1947, Berlatar Sejarah hingga Bertabur Bintang Muda

Kisah dalam Kadet 1947 berfokus pada aksi heroik tujuh calon perwira dalam operasi pengeboman di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa.

Mereka adalah Sutardjo Sigit (Baskara Mahendra), Mulyono (Kevin Julio), Suharnoko Harbani (Ajil Ditto), Bambang Saptoadji (Samo Rafael), Sutardjo (Wafda Saifan), Kapoet (Fajar Nugra), dan Dulrachman (Chicco Kurniawan).

Saat itu, Perang Dunia II baru saja berakhir dan Belanda kembali berusaha merebut kekuasaan dari tangan Indonesia.

Baca juga: 9 Replika Pesawat Tempur Dikerahkan untuk Syuting Film KADET 1947

Langkah ini kembali menimbulkan gejolak di berbagai penjuru tanah air, terutama di tiga daerah yang dikenal sebagai lokasi markas Belanda.

Pada 1947, pesawat udara Belanda mulai membombardir beberapa sarana publik vital milik Indonesia.

TNI AU pun segera melancarkan aksi balasan melalui operasi udara di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa menggunakan 300 kg bom.

Baca juga: Ibnu Jamil Geser Wafda Saifan Perankan Halim Perdana Kusuma dalam KADET 1947

Saat konflik kian memanas, Sutardjo Sigit, Mulyono, Suharnoko, serta keempat rekan mereka saling bahu-membahu untuk mempertahankan sebuah lokasi pangkalan udara.

Meski belum menguasai medan, tujuh kadet muda ini mengerahkan segenap tenaga demi membantu tentara Republik Indonesia.

Simak kelanjutan kisah heroik para pemuda ini dalam film drama aksi Kadet 1947 yang segera tayang di bioskop seluruh Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.