Kompas.com - 06/03/2021, 09:57 WIB
Ilustrasi film di bioskop Ilustrasi | ShutterstockIlustrasi film di bioskop

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah para pekerja seni yang mengirimi surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo, kini giliran para pelaku industri perfilman yang melakukan hal serupa.

Para sineas mengirim surat terbuka dengan harapan agar industri film bisa kembali bergulir seperti sebelum pandemi Covid-19.

Dalam suratnya, insan perfilman mencurahkan keresahan mereka karena bioskop masih tetap ditakuti masyarakat walau sudah beroperasi 50 persen.

Dampak dari minimnya pengunjung, para pekerja bioskop kini terancam kehilangan pekerjaannya.

Baca juga: Sejumlah Asosiasi Pekerja Seni Kirim Surat Terbuka kepada Jokowi

Sementara, kasus pembajakan film semakin marak terjadi di tengah pandemi.

Pemerintah pun terkesan selalu abai dalam mengurus masalah pembajakan di negeri ini.

"Bioskop harus bisa bertahan karena di sanalah film-film kami dipertemukan dengan penontonnya. Pembajakan film harus segera diberantas tuntas karena itu adalah potensi ekonomi digital untuk dieksplorasi pelaku industrinya dan ada hak pemasukan negara di dalamnya untuk membangun Indonesia," bunyi surat surat terbuka tersebut.

Dalam surat terbuka itu, para insan perfilman juga berharap agar pemerintah Indonesia bisa memberikan bantuan kepada mereka yang terdampak pandemi Covid-19.

Baca juga: Kirim Surat Terbuka ke Jokowi, Pekerja Seni Ingin Dipercaya Pemerintah

"Kami sangat berharap koordinasi pemerintah Indonesia melalui kementerian yang terkait di Kabinet Indonesia Maju dan Satuan Tugas Covid-19 untuk bisa memberikan bantuan kepada perfilman Indonesia melalui berbagai paket stimulus, subsidi, serta perlindungan hukum dan kesehatan," bunyi lanjutan dari suratnya.

Bantuan dari pemerintah dipercaya bisa memberikan angin segar bagi para pelaku perfilman Indonesia untuk tetap bisa bekerja membuat film, menayangkannya, dan memberikan rasa aman ke penonton untuk kembali ke bioskop.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Angga Dwimas Sasongko (@anggasasongko)


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X