Kompas.com - 06/02/2021, 15:01 WIB
Marsha Aruan saat ditemui dalam peluncuran Joyday Mulberry Red Velvet, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Junat (14/2/2020). KOMPAS.com/IRA GITAMarsha Aruan saat ditemui dalam peluncuran Joyday Mulberry Red Velvet, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Junat (14/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit pelajar hingga mahasiswa yang mengeluhkan sistem belajar jarak jauh akibat pandemi Covid-19.

Tanpa terkecuali adalah aktris Marsha Aruan. Ia berkuliah sudah secara daring sebelum adanya virus corona mewabah di Indonesia.

"Tetapi sebelum pandemi aku memang sudah online. Jadi semua pada protes nih 'aduh gue enggak bisa nih belajar online', aku sudah duluan," kata Marsha Aruan seperti dikutip Kompas.com dalam kanal YouTube MAIA ALELDUL TV, Sabtu (6/2/2021).

Baca juga: Roy Marten Dua Kali Ditangkap Polisi, Gading: Kalau Ketiga Kali, Mendingan Gue Ikut

Kepada mantan kekasihnya, El Rumi, Marsha Aruan menceritakan kelebihan kuliah daring yang sudah ia emban sejak lama.

Pemeran film Tembang Lingsir itu juga mengungkapkan alasannya mengambil kuliah daring.

"Kuliah online tuh kalau buat aku, bisa sembari kerja. Karena kan kita sebagai public figure di sini, kita jam kerjanya enggak tentu, kamu juga ngerasain dong, apalagi syuting, apalagi kalau syuting sinetron atau syuting film, itukan kadang-kadang full satu bulan syuting itu enggak bisa sekolah atau kuliah," kata Marsha Aruan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Marsha Aruan Kini Bikin Konten YouTube dan Berbisnis

"Jadi pas aku lihat ada kuliah online, ya aku langsung mau. Soalnya bisa dua duanya berbarengan gitu, kerja juga tetapi bisa timba ilmu juga," ucap Marsha Aruan melanjutkan.

Terlepas dari itu, Marsha Aruan mengakui kuliah daring yang sedang dijalankan ini sempat terlambat karena masalah pekerjaan yang tak bisa ditinggalkan.

Meski sistem belajar mengajar dilakukan secara jarak jauh, kata Marsha, ketika ujian diselenggarakan, setiap mahasiswa diwajibkan untuk datang ke kampus.

Baca juga: Keseruan Marsha Aruan Berkunjung ke Kafe El Rumi, Terkejut Lihat Gamelan dan Mesin Tik Antik

Pada saat itu, pemilik nama lengkap Marsha Elizabeth Aruan itu tidak bisa mengikuti ujian karena bentrok dengan pekerjaannya di luar negeri.

"Ya sedikit lagi, aku lagi tesis, udah mau selesai. Aku agak telat sedikit, soalnya kemarin itu ada masalah sama absensi gara-gara kebanyakan kerja di luar negeri," ungkap Marsha Aruan.

Meski begitu, Marsha Aruan mengatakan saat ini ujian dan proses belajar mengajar sudah sepenuhnya daring karena mengikuti kebijakan pemerintah terkait pandemi Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.