16 Fanbase Kpop di Indonesia Galang Dana untuk Bantu Korban Bencana Alam

Kompas.com - 27/01/2021, 14:24 WIB
Ilustrasi donasi. niroworld/SHUTTERSTOCKIlustrasi donasi.
Editor Kistyarini

KOMPAS.com - Sebanyak 16 fanbase dari fandom-fandom atau klub penggemar Kpop di Indonesia menggalang dana hingga Rp 1,4 miliar  untuk membantu masyarakat terdampak bencana di beberapa wilayah baru-baru ini.

Hal ini diungkapkan oleh Kpop4Planet, yang merupakan gerakan kampanye yang dibuat untuk meningkatkan kesadaran akan krisis iklim. Kampanye tersebut mengajak penggemar Kpop di seluruh dunia untuk semakin peduli dengan masalah iklim.

"Dari belasan fandom K-pop tersebut terkumpul Rp 1,4 miliar yang digunakan untuk membeli makanan dan kebutuhan sehari-hari para korban bencana," kata Kpop4Planet melalui keterangan yang diterima ANTARA, Rabu (27/1/2021).

Baca juga: Fans Kpop Bersatu Bajak Tagar #ImpeachBidenNow agar Joe Biden Tak Dimakzulkan

Sebelumnya, para penggemar K-pop di seluruh dunia telah menunjukkan solidaritas dengan berbagai cara.

Mulai dari aksi sabotase kampanye Presiden Trump pada tahun lalu, penggalangan dana untuk kampanye #BlackLivesMatter, serta memprotes demokrasi di Thailand.

Penggemar di Indonesia sendiri menjadi salah satu yang paling aktif dalam memperjuangkan keadilan iklim dan kemanusian.

Melalui platform kitabisa.com, para fans berdonasi dengan jumlah yang bervariasi atas nama selebriti yang mereka idolakan sambil mengirimkan doa untuk para korban.

Nurul Sarifah, salah satu pendukung @Kpop4Planet, mengajak para penggemar grup band asal Korea bersama-sama bergerak untuk mencegah dampak perubahan iklim.

Arendeelle, yang menjadi administrator utama fandom Super Junior Elfindonesiacom, juga mengatakan bahwa gerakan kemanusiaan yang dilakukan oleh K-popers ini terinspirasi dari kegiatan kemanusiaan yang sudah banyak dilakukan oleh idola mereka.

“Para penggemar telah terinspirasi oleh sumbangan dan pekerjaan sukarela yang sering dilakukan para idola mereka. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh anggota Super Junior, Siwon Choi, yang menjadi duta UNICEF,” kata dia.

Halaman:

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X