Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2021, 14:43 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Anji kini telah dinyatakan negatif Covid-19 setelah mengisolasi diri secara mandiri selama 12 hari.

Ada satu catatan penting yang dibagikan Anji dalam kanal YouTube-nya, tentang yang ia dapatkan selama isolasi mandiri.

"Jangan pernah takut ketika kamu dinyatakan positif Covid-19. Karena ketakutan dan stres itu akan menekan," kata Anji seperti dikutip Kompas.com, Senin (25/1/2021).

Baca juga: 12 Hari Isolasi Mandiri, Anji Kini Dinyatakan Negatif Covid-19

Kendati demikian, pemilik nama lahir Erdian Aji Prihartono itu tidak menampik pada hari ke-6 isolasi, ia merasa bosan.

"Tapi bukan drop yang gimana. Rasanya 'aduh, kok bosan banget ya?'. Akhirnya badan saya malah terasa tidak enak. So, hilangkan rasa bosan dan lakukan yang kamu suka, senang, bahagia, jangan takut," kata Anji.

Pelantun lagu "Bidadari Tak Bersayap" itu juga memberikan catatan penting untuk orang yang mengetahui tetangganya dinyatakan positif Covid-19.

Baca juga: Lawan Covid-19, Anji Isolasi Mandiri di Studio Musiknya Selama 12 Hari

"Jangan dikucilkan, tapi dibantu. Suruh isolasi mandiri, jangan ketemu sama keluarganya, jangan ketemu sama siapa pun dan konsumsi suplemen dan vitamin supaya daya tahan tubuhnya kuat," kata Anji.

Selama mengisolasi diri secara mandiri, mantan vokalis grup band Drive itu mengonsumsi beberapa suplemen untuk menguatkan daya tahan tubuhnya.

"Ini adalah rekomendasi dari dokter. Ada vitamin C, vitamin E, dan juga vitamin D3. Biasanya saya dapatkan vitamin D3 dari matahari, tapi karena saya sekarang lagi isolasi, jadi saya enggak kena matahari," kata Anji.

Baca juga: Anji Mengaku Sempat Positif Covid-19, Jadi Pasien Tanpa Gejala

"Rekomendasi dari istri saya adalah ini Clover Honey, lalu juga ada Royale Jelly, dan juga ini ada Propoelix. Ini untuk imunitas, semua ini untuk menaikkan imunitas dan daya tahan tubuh. Ini bukan obat, tapi hanya suplemen," ujar Anji melanjutkan.

Kini dia telah dinyatakan negatif Covid-19 dan bisa kembali ke rumah, berkumpul bersama istri dan anak-anaknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com