Bikin Kanal YouTube, Yuni Shara Tak Bicara Uang

Kompas.com - 15/01/2021, 19:47 WIB
Penyanyi Yuni Shara. Instagram/Yuni SharaPenyanyi Yuni Shara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Yuni Shara sebut YouTube mengakui awalnya YouTube bukanlah passion-nya.

Dulu, Yuni hanya melihat YouTube untuk mencari lirik lagu yang harus dihafalkan.

Namun saat pandemi, Yuni memutuskan membuat channel YouTube-nya sendiri. Tujuannya bukan untuk uang tapi menjadikannya seperti catatan harian.

Baca juga: Yuni Shara Ungkap Sosok Mayangsari yang Tak Diketahui Banyak Orang

"Aku bikin channel YouTube ini sebetulnya saat pandemi, aku hanya bikin diary, kegiatan selama pandemi," ucap Yuni Shara, dikutip dari kanal YouTube Yuni Shara Official, Jumat (15/1/2021).

Bila kelak YouTube-nya menghasilkan uang, Yuni akan menggunakan uang tersebut untuk menyelesaikan pembangunan sekolah miliknya.

Meskipun Yuni menyadari tidak bisa mengandalkan penghasilan dari YouTube.

Baca juga: Resep Sederhana Yuni Shara Tetap Miliki Tubuh Sehat di Usia 48 Tahun

Terlebih dia juga sedikit banyak tahu tentang YouTube ketika bertanya dengan teman-teman YouTuber lain, seperti Ari Lasso hingga Atta Halilintar.

"Aku tanya Atta Halilintar kemarin. Dia perjuangannya sudah bertahun-tahun yang lalu, dan bukan dari YouTube juga (penghasilan)," kata penyanyi kelahiran Kota Batu, Jawa Timur, tersebut.

Butuh waktu lama bagi mereka untuk bisa sebesar sekarang, didukung dengan rajin, kerja keras dan keuletan.

Baca juga: Kunjungi Rumah Yuni Shara, Mayangsari Tak Berhenti Memuji

Karena itu salah jika orang berpikir menjadi YouTuber akan menjamin kesuksesan singkat, karena nyatanya tidak seperti itu.

Yuni mengatakan keuntungan yang paling dirasakan dari YouTube adalah dia bisa membuat konten tentang apapun, sesuka hatinya.

"Jadi punya wadah, itu aja," Yuni menjelaskan.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X