Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal Tentang Animasi Nussa yang Berhenti Tayang akibat Pandemi Corona

Kompas.com - 04/01/2021, 08:09 WIB
Rintan Puspita Sari,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Kabar tak menyenangkan datang dari serial animasi Nussa. Serial yang diproduksi studio animasi The Little Giantz dan 4Stripe Productions itu terpaksa berhenti beroperasi.

Tak akan ada lagi cerita-cerita animasi bertema Islam dari tokoh utamanya Nussa dan Rarra. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa hal yang patut diketahui dari animasi asli Indonesia ini.

Pertama hadir

Nussa pertama kali menyapa penggemarnya di bulan November 2018. Animasi ini menjadi IP pertama Studio Animasi The Little Giantz.

Baca juga: Nussa, Animasi Dalam Negeri yang Hadirkan Hiburan Mendidik untuk Anak

Mengusung cerita kehidupan sehari-hari dan dua karakter utama anak laki-laki berusia 9 tahun bernama Nussa dan adik perempuannya, Rarra.

Ide lahirnya animasi Nussa

Menurut Sagita Ajeng Daniari, Corporate Secretary THe Little Giantz, ide dasar dari pembuatan film Nussa ini terinspirasi dari beberapa teman-teman yang mengungkapkan belum banyaknya tayangan edukasi di era digital.

Oleh karena itu, pihak The Little Giantz berupaya membuat film edukasi dari segi animator dan pihak 4 Stripe Production selaku marketing saling bekerja sama mengembangkan film Nussa.

Baca juga: Prilly Latuconsina Bahagia Lihat Kisah Nussa meski Belum Jadi Ibu

Pengisi suara

Adapun pengisi suara Nussa adalah Muzakki Ramdhan (9), dan tokoh Rara diisi oleh suara Aysha Ocean Fajar (5). Kedua pengisi suara ini dicari oleh pihak The Little Giantz sesuai dengan umur karakter tokoh yang diperankan.

Selain itu, beberapa pihak dari studio The Little Giantz yang yang berperan dalam film Nussa, yakni Aditia Triantoro, Boni Wirasmono, Yudha, Wirafianto, dan Riki Manopo.

Tayang di YouTube

Jauh sebelum merambah layar kaca dan bioskop, Nussa sudah lebih dulu tayang di YouTube.

Tiap ada unggahan video baru film Nussa, pasti film ini akan banjir viewers atau penonton dalam hitungan jam.

Baca juga: Ria Miranda Mendesain Koleksi Baju Nussa dan Rara

Laris di media sosial, animasi ini kemudian dilirik stasiun tv, dimana akhirnya Nussa sempat tayang di NET selama bulan Ramadan tahun 2019, kemudian beralih ke saluran berbayar. Tapi di tahun 2020 kembali beralih ke stasiun tv gratis, Trans TV.

Akhirnya menyerah karena pandemi corona

Di awal tahun 2021, kabar mengejutkan datang dari animasi ini yang dibagikan oleh ustaz Felix Siauw. Felix menceritakan kronologi hingga akhirnya keputusan tersebut diambil.

Sempat memberhentikan 70 persen karyawan dan pindah ke lokasi yang lebih terjangkau beberapa bulan sejak pandemi terjadi, tapi akhirnya mereka terpaksa menghentikan produksi.

Baca juga: Kabar Gembira! Animasi Nussa Diangkat ke Layar Lebar

"Jadi Jumat kemarin, itulah episode Nussa yang teman-teman bisa nikmati untuk terakhir. Yang hanya Allah yang tahu kapan kita bisa lanjut lagi," tulis Felix.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com