Kompas.com - 29/12/2020, 14:33 WIB
YouTube Rewind Indonesia 2020 Indonesian YouTubersYouTube Rewind Indonesia 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum genap sehari dirilis, video Rewind Indonesia 2020 sudah ditonton lebih dari lima juta kali dan disukai 1,4 juta orang.

Video berdurasi 14 menit 21 detik yang disutradarai oleh Chandra Liow dan Aulion tersebut menyajikan peristiwa yang terjadi sepanjang tahun 2020.

Tak hanya dari peristiwa yang sempat ramai diperbincangkan, tapi juga menggabungkan beberapa lagu yang viral sepanjang tahun 2020.

Sebut saja lagu "Dynamite" BTS, "Don't Start Now" dari Dua Lipa, "How You Like That" BLACKPINK hingga "Kartonyono Medot Janji" milik Denny Caknan.

Seperti peristiwa mic dimatikan, wawancara dengan bangku kosong, wisuda dan menggelar pernikahan secara online, pandemi Covid-19, tapi juga lagu "Lathi" hingga "Keke Bukan Boneka".

Baca juga: Ketika Atta Halilintar Bicara soal Ketenaran dan Kanal YouTube-nya

Banyak YouTuber Indonesia muncul dalam video tersebut. Seperti Edho Zell, Dyland PROS, Frost Diamond, Arnold Poernomo, Willgoz Kitchen, Denny Caknan, Jurnalrisa, Demian Aditya Channel, Indomusikgram, Gilang Dirga, Awkarin, Majelis Lucu Indonesia, Animasinopal, dan Aurelie Moeremans.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada juga Denny Sumargo, Ria Ricis, Gritte Agatha, Vidi Aldiano, Deddy Corbuzier, Hanin Dhiya, Eka Gustiwana, Weird Genius, Kyra Nayda, Sara Fajira, Pink Panda, Nex Carlos, Anji, Fitra Eri, dan Rachel Vennya.

Video rewind tersebut juga mendapat pujian banyak orang yang sudah melihatnya.

"Demi apa ini keren parah pecah banget, merinding tiap scene-nya, kerennn viralkan harus ayok," tulis akun Ayu Wulan A.

"Ketika para youtuber lebih kreatif dari pada TV lokal yg suka drama",setting"an.. barulah mereka menjiwai YouTube Indonesia untuk lebih keren lebih mendunia lebih hebat daripada tv yg bisanya setting"an," tulis Elvio Arifin.

Baca juga: Vina Panduwinata Jajal Ranah Digital, Buat Akun Instagram tapi Enggan Buat YouTube

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.