Kompas.com - 28/12/2020, 12:25 WIB
NTRL sebelum tampil dalam acara musik Selebrasi (Selebritas Beraksi) yang ditayangkan secara live streaming di Facebook Kompas.com pada Selasa (10/7/2018) siang. KOMPAS.com/ATI KAMILNTRL sebelum tampil dalam acara musik Selebrasi (Selebritas Beraksi) yang ditayangkan secara live streaming di Facebook Kompas.com pada Selasa (10/7/2018) siang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagus Dhanar Dhana merupakan otak di balik semua penulisan lirik lagu grup band NTRL selama 28 tahun berkarya di belantika musik Indonesia.

Ketika ditanya Soleh Solihun tentang hal tersebut, Bagus mengatakan, sejak awal terbentuknya NTRL peran penulis lirik sudah diembannya.

"Iya itu sebenarnya karena yang lain enggak bisa bikin, jadi gue diserahin," kata Bagus seperti dikutip Kompas.com dari kanal YouTube 3SECOND TV, Senin (28/12/2020).

Sejak masih dalam formasi bersama Bimo dan Miten, Bagus memang sudah dipercaya menulis lirik dan lagu.

Ketika akhirnya Eno dan Coki bergabung, peran penulisan lirik tetap dipercayakan kepada Bagus.

Baca juga: Sempat Ganti Nama, Personel NTRL Bebaskan Orang Sebut Nama Band Mereka

"Takutnya malah berantakan karena dari dulu dia yang bikin lirik. Biasanya gue sama Om Coks tuh bukan bikin tapi lebih kayak, 'Om Bags, ini kayaknya kata-kata yang ini kurang deh'," kata Eno.

Eno dan Coki justru menjadi saringan terakhir ketika sebuah lirik sudah tercipta dari Bagus.

Bagus biasanya sengaja menyiapkan beberapa pilihan kata tertentu untuk ditentukan Eno dan Coki di proses akhir penulisannya.

"Gue juga bikin lirik nanti gue kasih ada beberapa opsi, gue kasih ke Eno dan Coki yang mana nih yang enak kata-katanya untuk mereka ini (pilih)," ucap Bagus.

Grup band NTRL sendiri sebenarnya terbentuk pada 11 November 1991.

Namun, band yang dulunya bernama Netral ini akhirnya baru diresmikan tahun 1992 sebagai awal perjalanan merkea di industri musik.

Baca juga: Bagus NTRL: Gue Enggak Pernah Menyangka Bisa Sampai 25 Tahun


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X